Karya Tangan Anak Sumbawa Ramaikan Pameran Festival Moyo

oleh -59 views
Dany Samawa Etnik

SUMBAWA BESAR, SR (27/09/2016)

Dari sejumlah stand di lokasi Pameran Taman Kerato Sumbawa dalam memeriahkan Festival Moyo 2016, ada satu yang menarik perhatian masyarakat selaku pengunjung. Adalah Stand Kerajinan Etnik Samawa. Stand milik Lalu Sagita Ramdany ini menampilkan berbagai karya etnik hasil tangan anak-anak muda Sumbawa.

samawa-etnik-1

Ditemui SAMAWAREA, Dany Samawa Etnik—akrab pemilik stand ini disapa, mengaku sengaja mengikuti pameran ini untuk memperkenalkan segala barang etnik Sumbawa dan ornament yang semuanya berbahan kayu dari Sumbawa, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui bahwa anak-anak Sumbawa mampu berkreasi. Banyak hasil karyanya dipanjang. Seperti figura–hiasan dinding, tempat lilin, bingkai foto dan cermin, papan nama, dan lainnya. Ada juga ornamen yang dibuat dari akar dan lonto liana untuk interior hotel, pernak-pernik antik seperti gelang, balpoin, kalung, souvenir, dan miniature yang beragam tapi tetap dalam nuansa kearifan lokal dan bermotif kemang satange. Dalam membuatnya, disesuaikan dengan bentuk dan corak serta ukurannya. Tentu membutuhkan ketelitian serta kesabaran.samawa-etnik-2

Ia mengaku sudah empat tahun menggeluti usaha etnik Samawa dengan lokasi pembuatan di belakang Kantor Kelurahan Brang Biji. Usahanya diawali dari kreatifitas batu akik, namun karena kerjaan tersebut musiman, sehingga usaha barang–barang etnik ini tetap dijalankannya. Karena itu, pria berambut gondrong ini berharap support dan dukungan dari pemerintah daerah terhadap usaha yang digelutinya, seperti dukungan dana pembinaan terhadap komunitasnya, serta pemasaran segala produknya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  NTB Tuan Rumah Komodo Exercise 2018