Dituntut Transparan, Pemda KSB Bentuk PPID Tingkat Desa

oleh -5 views
Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. HW.Musyafirin MM

SUMBAWA BARAT, SR (28/09/2016)

Setiap lembaga pemerintahan dituntut transparan kepada masyarakat dalam pengelolaan keuangan dan pengambilan kebijakan public. Demikian halnya dengan pemerintahan di desa yang mendapat alokasi dana yang tidak sedikit. Untuk mengantisipasi penyelewengan dan dan kecurigaan publik agar pembangunan di desa berjalan kondusif, pemerintah harus transparan. Karenanya Pemda KSB sangat berkepentingan membentuk PPID tingkat desa agar bisa mengatur informasi mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

M Endang Arianto selaku PLH Kabag Humas Setda KSB, mengatakan, Kepala desa memiliki kewajiban untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap pengelolaan keuangan dan kebijakan terkait dengan masyarakat. Hal itu sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan Perda No. 5 Tahun 2014.

Hal senada dikatakan Bupati KSB, Dr. Ir. HW Musyafirin MM bahwa PPID tingkat desa ini sangat penting karena salah satu kunci keberhasilan adalah bisa mengelola informasi. Jika salah menginformasikan, bisa menjadi konflik. Demikian ketika salah menanggapinya, maka informasi itu akan bertambah rusak. Sebab gara-gara salah memberikan informasi banyak orang saling bunuh dan saling mencaci. “Di sinilah peran PPID untuk mengaturnya,” jelas Bupati.

Apalagi lanjut Bupati, saat ini banyak LSM dan tokoh masyarakat yang kerap memberikan kritikan. Karena itu pihaknya harus lebih memahami bagaimana memberikan informasi yang baik. “Desa berhak menolak memberikan data atau informasi kepada LSM Lingkungan yang meminta data tidak sesuai tupoksinya. Harus hati-hati karena saya sudah menjadi korban tentang pemberian informasi yang bukan bidangnya dia, sehingga dipergunakan ke arah yang salah. Jadi kita pemerintah harus lebih selektif,” tukasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Setelah CT-Scan, RSUD Sumbawa Segera Miliki Alat Cuci Darah dan Pabrik Oksigen

No More Posts Available.

No more pages to load.