Dinas ESDM Dihapus, Sejumlah Pegawai KSB Ditarik ke Pusat

oleh -20 views
H Muslimin, Kepala Dinas ESDM KSB

SUMBAWA BARAT, SR (28/09/2016)

Diberlakukannya UU 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, berdampak dihapusnya Dinas ESDM di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pasalnya kewenangan  di bidang pertambangan sudah tidak berada di kabupaten/kota karena ditarik ke Provinsi. Penghapusan dinas ESDM ini membawa konsekwensi terhadap seratus pegawai yang bernaung di bawahnya. Pemda KSB dibuat repot dengan membagi pegawainya ke dinas provinsi atau ke kementerian. “Saat ini ada sekitar 7 orang yang sudah menandatangani dan siap ditarik ke pusat,” sebut Muslimin–Kepala Dinas ESDM KSB yang ditemui Selasa (27/9) kemarin.

Ketujuh pegawai yang ditarik ke pusat ini ungkapnya, mereka yang memiliki keahlian di bidang pertambangan yang biasa bekerja di lapangan dan salah satunya menjadi inspektur tambang. “Kita juga sudah serahkan dokumen berisi nama-nama sekaligus persyaratan lainnya yang diserahkan ke pusat,” akunya.

Sementara sebagian pegawai lainnya terutama bagian administrasi lebih memilih tetap di Kabupaten Sumbawa Barat termasuk dirinya. Meski mereka ditarik ke pusat tahun ini tapi gajinya akan dibayar Pemda hingga akhir Tahun 2016, karena Januari 2017 akan beralih ke provinsi. “Kemungkinan besar mereka yang ditarik ke Kementerian akan tetap di kabupaten karena ada rencana dari pemerintah pusat melalui provinsi akan membuat UPTD di masing masing kabupaten/kota karena paradigma pelayanan harus ada pendekatan kepada masyarakat,” tutupnya. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Presiden Jokowi: Wacana Pemindahan Ibu Kota Serius