Bupati Bahagia Produksi Jagung Sumbawa Melimpah

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/09/2016)

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc mengaku bangga dengan meningkatnya produksi jagung Sumbawa. Produksi jagung dari daerah ini terbesar dari daerah lainnya di NTB. Jagung merupakan komoditi unggulan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petani. “Menanam jagung lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan produk pertanian lainnya,” kata Bupati yang dicegat di Festival Jagung, Taman Mangga, Rabu (28/9).

Kesempatan menanam jagung ungkap Bupati, cukup berpeluang. Pasalnya lahan yang tersedia masih luas. Selain itu adanya jaminan dari Menteri Pertanian terhadap harga jual. Sebab seberapapun produksi jagung yang dihasilkan petani Sumbawa, akan dibeli dan Mentan telah menunjuk PT Jaffa sebagai perusahaan yang mengakomodir jagung masyarakat ini.

Untuk diketahui, jagung dapat dijadikan bahan makanan olahan. Mulai dari bahan baku pembuatan lauk, kue bahkan makanan pokok. Olahan jagung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bisnis yang menjanjikan. Ke depan, Pemda Sumbawa melalui leading sector terkait berupaya mencari investor untuk berinvestasi dengan membangun pabrik pengolahan jagung. Selama ini masyarakat mengirim dalam bentuk pipilan, tapi ketika telah dibangun pabrik dapat dikirim dalam bentuk produk jadi. “Sudah ada beberapa perusahaan yang berminat. Untuk memantapkan minat itu Pemda perlu mensosialisasikan secara intensif,” ujarnya.

Kadis Pertanian Sumbawa, Ir. Talifuddin M.Si
Kadis Pertanian Sumbawa, Ir. Talifuddin M.Si

Sementara Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin M.Si mengakui jika produksi jagung Sumbawa meningkat. Tahun 2015 lalu, produksi jagung mencapai 330 ribu ton. Pada tahun ini akan meningkat signifikan diperkirakan mencapai 400—500 ribu ton. Sebab luas lahan penanaman jagung saat ini mencapai 75.000 hektar hampir dua kali lipat dari luas tanam sebelumnya. Seperti halnya Bupati, Kadis Talifuddin juga berharap agar ada investor yang berinvestasi dengan membangun pabrik olahan jagung. Dengan adanya usaha ini, paling tidak harga jagung stabil, di samping masyarakat termotivasi untuk menanam jagung. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  22.723 Jiwa Terdampak Banjir di Kota Bima

No More Posts Available.

No more pages to load.