Puskesmas Taliwang Siap Diakreditasi

oleh -33 views
Hj. Wildatun Uyun, A.Md. Keb, Kepala Puskesmas Taliwang

SUMBAWA BARAT, SR (27/09/2016)

Puskesmas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan kualitas asuhan pasien. Salah satunya memastikan lingkungan pelayanan aman guna mengurangi resiko bagi staf  maupun pasien puskesmas. Dengan komitmen ini Puskesmas Taliwang siap untuk diakreditasi yang dijadwalkan 4 Oktober mendatang.

Ditemui SAMAWAREA, Senin (20/9) kemarin, Kepala Puskesmas Taliwang, Hj. Wildatun Uyun, A.Md.Keb menyatakan siap menyambuttim pusat untuk mengevaluasi kinerja puskesmas sehingga pihaknya memiliki tolok ukur standar pelayanan. “Kami sudah siap dengan seluruh persyaratan yang dibutuhkan sesuai standar akreditasi yang ditentukan,” ucapnya.

Disebutkannya, ada 8 persyaratan yang harus dipenuhi, dan semua persyaratan itu secara de facto jauh hari sudah diterapkannya. Karena itu dalam menghadapi tim akreditasi pihaknya tidak merasa kesulitan. Bahkan Ia menargetkan pada akreditasi perdana ini ditargetkan akreditasi tingkat madya atau tingkat dua. “Meski persyaratan dan penilaiannya cukup tinggi, tapi kami optimis bisa mencapainya,” kata Hj Wildatun.

Sebelum kedatangan Tim Akreditasi pusat, pihaknya sudah melakukan simulasi akreditasi yang dipantau tim pendamping dari kabupaten. Hasilnya memuaskan. Penilaiannya dengan system persentase. Adalah penyelenggaraan pelayanan terhadap pasien dengan standar nilai 75%, kepemimpinan manajemen puskesmas 75%, mutu kinerja puskesmas 40%, administrasi dan kepegawaian, dan pelayanan masyarakat di tingkat bawah. “Alhamdulillah kami bisa memenuhi standar akreditasi tingkat Madya, sehingga sekali lagi saya katakan kami sangat optimis bisa meraihnya,” pungkas Hj Wildatun. (HEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Lari Samawa 10 K Festival Moyo Diraih Pelari Jatim dan Kaltim