Lagi, Gunung Baru Jari Meletus

oleh -5 views
Gunung Baru Jari

MATARAM, SR (27/09/2016)

Untuk kesekian kalinya, Gunung Baru Jari yang terletak di Danau Segara Anak puncak Gunung Rinjani, meletus, Selasa (27/9). “Iya memang betul, Gunung Baru Jari aktif lagi dan meletus sekitar pukul 14.45 Wita,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. H. Mohammad Rum, MT kepada SAMAWAREA.

Berdasarkan laporan sementara, letusan Gunung Baru Jari kali ini dengan amplitudo 52 dibarengi ketinggian letusan abu vulkanik mencapai di atas 2000 meter dari puncak Gunung Baru Jari. “Untuk sementara kami masih menunggu informasi lebih lanjut sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Haji Rum-akrabnya pejabat ini disapa.

Dampak letusan gunung ini lanjut Haji Rum, dimungkinkan akan terjadi penutupan Bandara Lombok Internasional Airport (LIA). Meski demikian kondisinya terus dipantau. Pihaknya terus berkomunikasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara mengantisipasi kondisi terburuk. Selain itu, abu vulkanik akibat letusan gunung ini lebih condong ke arah barat daya. Untuk itu, masyarakat diminta waspada terutama di sekitar Kabupaten Lombok Utara karena abu letusannya akan menyasar hingga daerah Kota Mataram.

“Kami menghimbau masyarakat tetap waspada. Bila perlu masyarakat bisa mempersiapkan masker jika ada tanda-tanda hujan debu,” pintanya seraya menginformasikan bahwa stock masker di gudang BPBD NTB 55 ribu lembar dan di Dikes NTB 250.000 lembar.

Baca Juga  Sumbawa Dapat Bantuan Kapal Cepat dari Kemendes PDTT

Sementara itu, otoritas Lombok Internasional Airport (LIA) menginformasikan jadwal penerbangan dari dan ke LIA masih normal. Seperti diungkapkan GM PT AP I, I Gusti Ngurah Ardita melalui Humas PT AP I yang menyebut proses penerbangan masih normal seperti biasanya. “Tapi masih tetap kita pantau,” terangnya. (NA/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.