DPRD KSB Ingatkan Peluang Konflik di Pilkades Serentak

oleh -2 views
Pengamanan dan pemantauan situasi Pilkades

SUMBAWA BARAT, SR (27/09/2016)

Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan segera dilaksanakan. Agar berjalan sukses dan kondusif, Pemda harus mengambil langkah antisipasi, mengingat pesta demokrasi tersebut berpeluang terjadinya konflik. “Kami mengingatkan BPM-PD untuk mengantisipasi konflik sedini mungkin terutama dalam proses pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Anggota Komisi II DPRD KSB, Abidin Nazar, Selasa (27/9).

Banyak warga yang alamatnya tercatat dalam identitas kependudukan, tapi tempat tinggalnya berbeda. Maluk adalah kecamatan paling banyak. Sebab banyak yang ngekos dan berpindah-pindah. “Ini bisa menjadi peluang konflik karena ini pemilihan antar desa sehingga sangat riskan,” ungkapnya.

Ia mengaku pernah berkunjung ke Bantul. Di sana banyak penduduk yang menetap, jika disingkrongkan dengan KTP sangat jauh berbeda. Sebab di Bantul banyak warga yang menetapnya berpindah-pindah terutama yang ngekos. Hanya gara-gara itu, di desa tersebut terjadi konflik. Hal itu bisa dijadikan contoh di KSB.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyrakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) KSB, Drs. Muhammad Mulyadi M.Si mengatakan pihaknya tetap mengacu kepada aturan. Dalam aturan itu, syarat untuk memilih harus memiliki KTP dan tempat pemilihan sesuai dengan KTP. Persoalan ada masyarakat yang tinggal di tempat yang bukan alamat KTP nya itu dinamakan penduduk sementara dan tidak mendapatkan hak untuk memilih di tempat dia tinggal. “Jika diantisipasi dari sekarang saya yakin konflik Pilkades bisa kita minimalisir selama kita tetap berpegang teguh terhadap aturan yang berlaku,” pungkasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tak Tercatat di DPT Bisa Nyoblos

No More Posts Available.

No more pages to load.