Unggul Potensi Wisata, Lemah Metode Pengemasan

oleh -3 views

Dari Dialog Budaya dan Seminar Investasi Pariwisata

SUMBAWA BESAR, SR (25/09/2016)

Kabupaten Sumbawa memiliki keunggulan potensi pariwisata. Selain panorama alamnya, juga keramah-tamahan masyarakatnya yang mungkin jarang ditemui di daerah lain. Potensi ini perlu dipelihara dengan baik karena akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nasional. “Selain keramahtamahan, obyek wisata yang sangat banyak, kemudian daya pesonanya tidak kalah, adat dan budaya masyarakat yang beranekaragam ditambah dengan kemajemukan masyarakat Sumbawa itu sendiri,” kata Sekda Sumbawa, Drs H. Rasyidi saat membuka Dialog Budaya dan Seminar Investasi Pariwisata dalam rangka Festival Moyo 2016 di Wisma Daerah Sumbawa, Sabtu (24/9) kemarin.

Namun Sekda menyadari bahwa metode pengemasan daya tarik pariwisata di Kabupaten Sumbawa masih lemah dan banyak kekurangannya. Ini harus mendapat perhatian khusus kedepan, sehingga diharapkan pengelolaan dilakukan secara profesional baik destinasi pariwisata, kebudayaan dan lainnya. Dengan pengelolaan oleh tangan-tangan terampil yang professional bersama seluruh masyarakat, memberikan keyakinan bahwa industri pariwisata di Kabupaten Sumbawa akan berkembang pesat seperti di Pulau Bali, Pulau Jawa, dan Pulau Lombok.

Selaku kepala daerah lanjut Sekda, tentu berharap agar investasi pariwisata ini terus berkembang dan mampu mendongkrak perekonomian daerah melalui penyediaan lapangan kerja, pertumbuhan uang beredar, dan berkembangnya sentra-sentra ekonomi masyarakat. Investasi pariwisata inijuga diharapkan mendukung upaya pelestarian budaya dan kearifan local karena berpotensi sebagai obyek wisata. “Untuk itulah saya berharap agar dialog budaya dan seminar investasi pariwisata ini melahirkan upaya strategis bagi pemerintah daerah sehingga nantinya menjadi salah satu pertimbangan dalam merumuskan kebijakan di bidang pariwisata dan kebudayaan di daerah Sabalong Samalewa ini dan Provinsi NTB pada umumnya,” pintanya.

Baca Juga  Alumni FKMM/FMN Reuni dan Buka Puasa Bersama

Di bagian lain, Sekda menepis informasi bahwa Pemprov hanya memberikan perhatiannya di Pulau Lombok. Informasi itu hanya celoteh yang tidak mendasar. Menurut Sekda, perhatian propinsi khususnya bagi perkembangan pariwisata di Sumbawa sudah mulai mengalir. Sebab didasari kabupaten/kota tidak maju, maka akan mempengaruhi kemajuan provinsi. Karenanya kabupaten/kota di Pulau dan Pulau Sumbawa perlu bersinergi untuk mencapai tujuan dan cita-cita bersama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Provinsi NTB. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.