Pemda Sumbawa Dukung AKOM Lahirkan SDM Siap Pakai

oleh -18 views
Mahasiswa Baru AKOM Angkatan Pertama

SUMBAWA BESAR, SR (22/09/2016)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mendukung perkembangan Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM) yang didirikan Yayasan Dea Mas. Pasalnya keberadaan AKOM secara tidak langsung membantu program pemerintah dalam rangka mengentaskan pengangguran dengan melahirkan sumberdaya manusia berkualitas dan siap bersaing di bursa kerja.

Kadisnakertrans Sumbawa melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta), Zainal Arifin S.Pt M.Si menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Dea Mas yang memprakarsai lahirnya AKOM di Tana Samawa. Keberadaan AKOM merupakan peluang bagi masyarakat Sumbawa untuk segera mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengingat tingginya angka pengangguran produktif yang masih tamatan sekolah dasar. Karenanya AKOM menjadi solusi dalam mengatasi hal ini.

Kabid Penta Disnakertrans Sumbawa, Z. Arifin M.Si
Kabid Penta Disnakertrans Sumbawa, Z. Arifin M.Si

Untuk diketahui ungkap Ipin—sapaan singkatnya, kebutuhan tenaga kerja terutama operator alat berat cukup banyak mengingat program kerja Presiden Jokowi yang lebih diarahkan pada pembangunan infrastruktur. Secara otomatis tenaga operator ini sangat dibutuhkan. Selama ini operator alat berat berasal dari luar daerah, sebab masih minimnya masyarakat local yang memiliki skill tersebut. Karenanya Bupati Sumbawa sangat respek terhadap kerjasama dengan PT Trakindo Utama. Terlebih lagi di era global ini persaingan semakin ketat. Jika tidak dipersiapkan dari sekarang, masyarakat Sumbawa akan tersingkir dan peluang mendapatkan kesempatan di dunia kerja menjadi sempit. “Kami harap kehadiran AKOM menjadi jawaban dan solusi atas permasalahan yang terjadi,” pintanya.

Baca Juga  Matangkan "Youth Camp", Nusatenggara Center Gelar TOT

Hal senada dikatakan Anggota Komisi II DPRD Sumbawa, Berlian Rayes S.Ag M.Si. Ia mengaku salut dengan Yayasan Dea Mas yang bisa menangkap peluang masa depan salah satunya dengan mendirikan AKOM. Untuk itu Ia selaku wakil rakyat maupun pribadi akan membantu secara maksimal permasalahan yang dihadapi AKOM terutama masalah jalan.  “Kami punya komitmen untuk membantu AKOM, karena keberadaannya untuk kepentingan orang banyak,” kata Berlian—akrab politisi Golkar ini disapa.

Keinginan Berlian diamini koleganya di Komisi II, Muh Yamin SE M.Si yang juga bersedia membantu AKOM. Menurut politisi Hanura, sumberdaya alam Sumbawa sangat berlimpah. Sayangnya untuk mengelola SDA itu, pihaknya belum memiliki SDM yang memadai. Dengan adanya AKOM, persoalan SDM itu akan teratasi. AKOM akan melahirkan sejarah penciptaan SDM dalam menyambut investasi besar. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.