Jagung Berlimpah, Harga Stabil, Petani Labangka Sejahtera

oleh -71 Dilihat
Camat Labangka, Hartono S.Sos

SUMBAWA BESAR, SR (22/09/2016)

Petani di Kecamatan Labangka bakal menjadi orang kaya baru. Sebab hasil panen mereka melimpah dan terbilang sukses. Dari 10.676 hektar lahan yang tersebar di lima desa kecamatan bagian selatan Sumbawa ini, menghasilkan 74.732 ton jagung. Selain itu harga jagung cukup bagus mengacu pada harga yang ditetapkan pemerintah. “Alhamdulillah panen jagung di Labangka pada tahun ini sukses, hanya sekitar 3 persen yang mengalami gangguan,” kata Camat Labangka, Hartono S.Sos yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (22/9).

Hasil panen tahun ini ungkap Hartono, meningkat signifikan dibandingkan Tahun 2015 lalu. Ini karena lahan tanam yang semakin luas. Dari 9.527 Ha tahun lalu meningkat menjadi 10.676 Ha. Selain itu rata-rata panen tahun ini per hektarnya mencapai 7—8 ton, berbeda dengan tahun lalu hanya 5 ton per hektar. Demikian dengan harga jagung. Tahun lalu Rp 2.700 per kilogram, saat ini Rp 3.100 per kilogram dengan kadar air 17—18 persen. Meningkatnya harga jagung kata Hartono, karena sudah banyak pengusaha yang masuk ke Labangka, sehingga harga bersaing dan petani memiliki banyak pilihan. Sebaliknya pengusaha tidak berani memainkan harga seperti tahun lalu yang hanya satu orang pengusaha. Apalagi tahun ini kran impor jagung sudah ditutup.

Baca Juga  Respon Permohonan Izin, Tim DPMPTSP Setiap Hari Verifikasi Lapangan

Ke depan lanjutnya, pihaknya akan mengejar target peningkatan tanam jagung dan berusaha untuk menjaga harga tetap stabil, serta distribusi pupuk lebih awal dengan lebih mengutamakan pupuk organik agar kualitas tanah tetap terjaga. Tentunya dibutuhkan campur tangan pemerintah. “Kami tetap berharap predikat Labangka sebagai lumbung jagung NTB tetap terjaga dalam rangka menopang ketersediaan jagung nasional,” pungkasnya. (JEN/SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *