Kantongi Lacak Balak, TNI Lepas Lima Truk Kayu

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/09/2016)

Kodim 1607 Sumbawa akhirnya melepas sedikitnya lima truk kayu yang sempat diamankan. Langkah ini dilakukan setelah mengantongi hasil lacak balak yang mengungkap kayu tersebut berasal dari dalam kawasan hak milik. “Status kayu sebanyak 59 kubik ini sudah dibuktikan melalui lacak balak dan dalam waktu dekat akan dikembalikan kepada pemiliknya masing-masing,” kata Kadis Kehutanan Sumbawa, Ir. H. Ibrahim didampingi penyidiknya, Muhammad SH dalam jumpa persnya di Makodim Sumbawa, Selasa (20/9).

Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya operasi pemberantasan ilegal loging oleh TNI ini. Dalam operasinya, TNI berhasil mengamankan 12 truk kayu yang diduga hasil ilegal loging. Untuk memastikannya, pihaknya bersama TNI melakukan pengecekan lapangan tempat asal muasal kayu tersebut. Ternyata lima truk di antaranya bukan berasal dari kawasan hutan lindung tapi dari kawasan hak.

Sedangkan 7 truk sisanya, 5 truk di antaranya dari kawasan Doro Peti, Dompu dan tengah diproses lebih lanjut. Sebab dari informasi, pemilik kayu membelinya secara tidak sah dari masyarakat. Rencananya Dishut NTB akan memanggil pemilik kayu untuk dilakukan pemeriksaan. Dua truk lainnya saat ini dalam pengecekan penyidik Dinas Kehutanan NTB.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol. ARM. Sumanto, S.Sos mengatakan, kayu tersebut akan dilepas karena sudah sesuai aturan. Meski demikian, pihaknya tetap berkomitmen untuk menyelamatkan hutan Sumbawa. ‘’Hari ini boleh keluar karena sesuai aturan. Tapi kedepan TNI akan mengatur strategi bagaimana menyelamatkan hutan Sumbawa dan menghentikan ilegal loging,” tegasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Lomba Bernyanyi dan Fashion Show Meriahkan HUT Yayasan Kemala Bhayangkari