Wartawan Angkat Senjata, Tembaaak….!!!

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (18/09/2016)

Biasanya wartawan dalam membuat berita membuat orang yang membacanya tersentak. Tapi kali ini, wartawan yang tersentak saat hentakan senjata M-16 pada latihan menembak, Minggu (18/9). Ikut dalam kegiatan yang digelar di Lapangan Tembak Kompi Senapan B tersebut, di antaranya Dandim 1607, Kajari Sumbawa, Ketua PWI Sumbawa dan Ketua Menwa NTB beserta anggotanya. Kegiatan yang diikuti insane pers ini adalah yang pertamakalinya. Tidak mengherankan jika banyak peluru terbuang percuma karena tembakannya tidak tepat sasaran, ibarat tembak kaki kena kepala. Ternyata menembak itu tidak segampang yang dibayangkan. Selain senjatanya berlaras panjang dan cukup berat, juga hentakan tembakannya cukup kuat. Tentu dalam menembak ada aturan yang wajib diikuti. Mata harus fokus, posisi tiarap yang teratur, dan tidak bernapas saat menembak, serta kekuatan harus bertumpu pada tangan dan bahu, menjadi hal yang harus diperhatikan. “Jadi tidak sembarang dan asal nembak, sebab bisa berakibat fatal,” kata Randy Pratama—wartawan Radar Sumbawa yang menjadi salah satu peserta.

wartawan-tembak-1wartawan-tembak-2wartawan-tembak-3

Masing-masing wartawan mendapat jatah dua kali menembak dan selalu didampingi pelatih dari Makodim 1607 Sumbawa. Pertama menembak dengan tiga peluru dalam jarak sekitar 25 meter, kedua menggunakan 5 peluru dengan jarak 100 meter. Bidikan pun harus tepat di titik hitam papan sasaran. “Tahap pertama memang untuk penyesuaian dan tahap kedua siap tempur,” timpal Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain.

Baca Juga  Rekening BRI Bobol, Polda NTB Tunggu Audit

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos yang dikonfirmasi SAMAWAREA mengatakan, latihan menembak melibatkan semua unsure termasuk insan pers, untuk membangun kemitraan dan kebersamaan. Semua elemen ini harus bersatu terutama dalam membangun Sumbawa. Tanpa ada persatuan dan kesatuan, tidak mungkin bisa mencapai tujuan yang sama. Latihan ini juga untuk menumbuhkan rasa bela negara dalam diri wartawan dan elemen lainnya, sehingga perannya dapat memberikan konstribusi nyata bagi bangsa dan negara. Ke depan, kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan. Sebab hal tersebut dinilainya sangat positif. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD