Sumbawa Wakili NTB di Jambore Tagana se-ASEAN

oleh -31 views

BALIK PAPAN, SR (16/09/2016)

Koordinator Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I dipercaya untuk mewakili Provinsi NTB mengikuti Kegiatan Bhakti Sosial dan Jambore Nasional Relawan Kemanusiaan bersama negara-negara ASEAN. Kegiatan tersebut terpusat di Lantai Lamaru, Kota Balik Papan, Provinsi Kalimantan Timur, dan berlangsung selama 4 hari, 15—18 September 2016.

Baksos dan Jambare tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Sosial yang diwakili Dirjen Kemensos RI. Dalam sambutannya di hadapan peserta dari 34 propinsi dan relawan kemanusiaan utusan negara-negara ASEAN, Dirjen mengatakan bahwa TAGANA merupakan relawan terlatih dalam penanggulangan bencana. Sejak lahir pada Maret 2005, Tagana telah terlibat aktif dan menunjukkan kiprah nyata dalam berbagai peristiwa bencana di Indonesia seperti penanggulangan bencana banjir Jakarta 2007, banjir bandang Situ Gintung 2009, Letusan Gunung Merapi Yogyakarta 2010, Gempa bumi dan tsunami Mentawai-Sumatera Barat 2010 dan kejadian bencana lainnya.

Koordinator Tagana, Dedi Susanto (dua dari kiri) saat pelepasan bersama Sekdis Sosial dan Kabid Banjamsos serta anggotaTAGANA Sumbawa
Koordinator Tagana, Dedi Susanto (dua dari kiri) saat pelepasan bersama Sekdis Sosial dan Kabid Banjamsos serta anggotaTAGANA Sumbawa

Jambore Nasional TAGANA bertujuan untuk menjalin silaturrahim dalam rangka memperkuat jaringan antar Tagana di seluruh Indonesia, meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam penanggulangan bencana, meningkatkan kemampuan leadership di lapangan dan meningkatkan kekompakan sesama tim. Di samping itu, kegiatan ini diharapkan sebagai wahana untuk mengukur tingkat kesiapan relawan Tagana dalam menghadapi kemungkinan bencana.

Pada kegiatan tersebut, para peserta akan diuji ketangkasan. Materi uji ketangkasan terdiri atas lima materi pokok yaitu manajemen selter, psikososial, manajemen dapur umum, vertikal dan horisontal rescue, pertolongan pertama gawat darurat, serta navigasi dan survival. Pada acara puncak nanti, dilaksanakan apel siaga yang dilanjutkan dengan defile personil dan peralatan penanggulangan bencana di hadapan Menteri Sosial yang dilanjutkan dengan pengukuhan Duta Tagana. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Wagub NTB: Melayani Masyarakat Adalah Kunci Program Kemiskinan