Polisi Cilik Beraksi, Ingatkan Orang Dewasa Tertib Berlalulintas

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/09/2016)

Anak-anak TK Bhayangkari yang tergabung dalam polisi cilik melakukan aksinya di depan Mapolres Sumbawa, Kamis (15/9) pagi tadi. Dibantu polisi lalulintas (Polantas), anak-anak belia dan unyu-unyu ini menghentikan kendaraan roda dua yang dikendarai orang dewasa. Tentu saja pengendara terutama yang tidak menggunakan helm tersipu malu karena diingatkan anak TK tentang pentingnya tertib berlalulintas dan bahaya mengancam jika tidak mengenakan helm. Rasa simpatik juga ditunjukkan para polisi cilik tersebut dengan memberikan pengendara tersebut helm. Selain itu mengikat tali helm bagi pengendara yang tidak secara benar menggunakan helm. Pesannya, bahwa helm yang diikat secara standar, sama berbahayanya dengan orang yang tidak menggunakan helm. Bagi pengendara yang dinilai tertib, dihadiahi sekuntum bunga.

Alrizan Fatabi (Abang Izan) memberikan sekuntum bunga untuk pengendara yang tertib
Alrizan Fatabi (Abang Izan) memberikan sekuntum bunga untuk pengendara yang tertib

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, aksi polisi cilik ini dalam rangka HUT Polisi Lalulintas ke-61. Pihaknya sengaja melibatkan anak-anak TK Bhayangkari untuk melaksanakan salah satu kegiatan Bulan Tertib Berlalulintas dengan cara mengampanyekan keselamatan lalulintas. Sasarannya adalah pengendara roda dua untuk diajak tertib dan selalu menggunakan helm pengaman dalam berkendara. “Kita libatkan anak-anak TK Bhayangkari untuk menyampaikan pesan kepada para pengendara dewasa untuk mematuhi aturan berlalulintas agar selamat dalam perjalanan dan terciptanya Kamseltibcarlantas,” kata Kapolres.

Salwa membetulkan ikatan helm seorang pengendara dewasa
Salwa membetulkan ikatan helm seorang pengendara dewasa

Dalam kegiatan itu, pihaknya membagikan beberapa helm kepada pengendara yang kebetulan tidak mengenakan helm sekaligus mewanti-wanti agar tidak mengulangi lagi pelanggaran. Selain itu bagi-bagi bunga sebagai bentuk rasa simpatik. Ia berharap melalui pesan yang disampaikan polisi cilik, pengendara dewasa mengerti dan menyadari pentingnya arti keselamatan berlalulintas. Termasuk anak-anak, dengan keterlibatannya secara tidak langsung mengajarkan mereka tentang tertib dan disiplin sejak dini. “Terciptanya tertib lalulintas bukan karena ada polisi, tapi karena kesadaran pengendara itu sendiri,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Dibuat Teler, Pelajar Diduga Disetubuhi di Rumah Kosong