Festival Taliwang Disemarakkan 1000 Rabana

oleh -5 views
Sekretaris Dinas Pariwisata KSB, Ir. M. Saleh

SUMBAWA BARAT, SR (15/09/2016)

Kabupaten Sumbawa Barat kembali menarik perhatian. Pasalnya tidak lama lagi, kabupaten yang kini dipimpin duet Dr. Ir. HW. Musyafirin MM—Fud Syaifuddin ST ini akan menggelar Festival Taliwang. Kegiatan yang diselenggarakan pada 30 Oktober—5 November 2016 ini dirangkaikan dengan Hari Lahir (Harlah) KSB. Kemeriahan kegiatan tersebut akan terasa karena menonjolkan adat istiadat rebana. Sebanyak 1000 rebana akan ditampilkan.

Sekretaris Dinas Pariwisata KSB, Ir. M. Saleh yang ditemui SAMAWAREA, Kamis (15/9) menyatakan jadwal Festival Taliwang ini sudah final dengan tema “Tau Nyorong” sebagai upaya untuk memperkenalkan adat istiadat Sumbawa. Untuk persiapan awal, pihaknya telah mengundang seluruh camat, kepala desa dan kelurahan, Lembaga Adat Tana Samawa (LATS), dan Dewan Adat KSB. “Kami membicarakan mengenai pelaksanaan karnaval yang akan menampilkan 1000 rabana sekaligus memantapkan kesiapan peserta yang melibatkan semua unsur mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten,” katanya.

Dalam pertemuan itu juga pihaknya menawarkan kepada setiap kecamatan untuk menyiapkan rabana masing-masing 150 yang jika dikalkulasikan dari 8 kecamatan akan berkumpul sekitar 1.200 Rabana. Tawaran ini disambut antusias para camat.

Festival Taliwang akan diramaikan dengan pagelaran Pameran Seni Kreatif, dan Perlombaan Permainan Rakyat seperti barapan Kebo, sakeco, rabalas lawas, seni tari, dan vocal group. Untuk pembukaan festival ini, rencananya akan mengundang seluruh kabupaten/kota di NTB. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Pempus Pilih Sumbawa untuk Program Percontohan MP3KI