Anak Tidak Sekolah di KSB Nihil

oleh -12 views
Kadis Dikbudpora KSB Mukhlis M.Si

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUDPORA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (15/09/2016)

Kepala Dinas Pendidikan Budaya Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat, Drs. Mukhlis M.Si mengatakan tidak ada anak-anak yang wajib sekolah yang tidak bisa bersekolah. Sebab semua anak wajib sekolah di KSB sudah memiliki akses atau lembaga pendidikan di masing-masing wilayahnya dan mudah dijangkau. Pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mengecek jarak jangkau anak ke lembaga sekolah. Dari pengecekan ini tidak ada lagi persoalan jarak dan pihaknya juga tidak menemukan anak yang tidak sekolah.

Untuk mendekatkan sarana pendidikan kepada masyarakat, ungkap Mukhlis, KSB sudah memiliki SMA 10, SMK 8, SMP 32, SD 106 dan TK PAUD 108 yang tersebar di semua wilayah KSB hingga daerah terpencil. Ia mengaku bingung dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang meliris angka anak tidak sekolah di KSB masih tinggi. “Kami sudah cek ke semua kecamatan tidak ada yang kami temukan sebagaimana data BPS. Ini yang kami bingung mereka dapat data darimana,” tukasnya.

Meski demikian Mukhlis tidak menampik ada anak yang putus sekolah, tapi angkanya sangat sedikit. Hasil pendataannya, untuk SMA dan SMK 0,28% atau sekitar 13 orang siswa, SMP 12 dan SD nihil. “Sebagian besar alasan putus sekolah karena menikah, sehingga mereka malu masuk sekolah atau melanjutkan pendidikan,” ujarnya. (HEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis, Upaya Merajut Kebersamaan

No More Posts Available.

No more pages to load.