Petugas RPH Poto Tano Kewalahan Potong 500 Ternak Qurban

oleh -13 views

SUMBAWA BARAT, SR (13/09/2016)

Petugas Rumah Potong Hewan (RPH) Poto Tano, Sumbawa Barat, kewalahan menerima ternak yang akan diqurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1437 H, Senin (12/9) kemarin. Bayangkan, hari itu saja sebanyak 500 ekor ternak disembelih.

Ditemui SAMAWAREA, Muhammad Abrori Mujahidin–Direktur PT Darma Raya mengatakan bahwa tahun ini Rumah Zakat membeli ternak sekitar 500 ekor dan semuanya dipotong di RPH. Untuk proses penyembelihan tidak bisa dituntaskan dalam satu hari melainkan masih berlanjut hingga Rabu (14/9) besok. Hewan ternak yang dipotong ini ungkap Abrori, berasal dari KSB dan Sumbawa. “Selaku pihak ketiga, kami dari PT Darma Raya bertugas menyiapkan hewan korban, pemotongan sampai pengiriman ke Rumah Zakat yang ada di Bandung untuk dikemas menjadi makanan siap saji seperti sarden dan lainnya. Ini adalah kegiatan social untuk masyarakat yang membutuhkan seperti korban bencana dan kurang mampu,” kata Abrori.

ternak-rph-tano-1

Yang dikirim ke Rumah Zakat ungkap Abrori, adalah dagingnya, sedangkan jeroannya seperti tulang, usus, dan hati dibagikan kepada masyarakat KSB yang diserahkan melalui pemerintah kecamatan untuk seluruh masyarakat di desa.

Sementara Sekretaris Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP), Dr. Erol menyambut positif kegiatan tersebut karena pertamakali melibatkan masyarakat local sekitar 200 orang. Selain itu secara tidak langsung kegiatan ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama peternak, mengingat transaksi jual beli ternak di KSB cukup tinggi. (HEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.