DPRD Sumbawa Menyetujui Penetapan APBD-P 2016

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/09/2016)

DPRD Kabupaten Sumbawa telah menyetujui penetapan APBD Perubahan 2016. Persetujuan ini diputuskan setelah semua Komisi DPRD menyampaikan laporannya pada Sidang Paripurna yang digelar di Lantai II Gedung DPRD Sumbawa, Selasa (13/9).

Terhadap hal itu, Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah memberikan apresiasi kepada anggota dan pimpinan DPRD Sumbawa yang telah menyetujui Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Sumbawa Tahun 2016 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Wabup juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama dua lembaga, eksekutif dan DPRD. Dari semangat kerjasama ini, meski dalam kondisi keuangan daerah yang cukup tertekan sebagai akibat dari beberapa kebijakan pemerintah pusat, Pemda Sumbawa masih mampu mengoptimalkan pemanfaatan anggaran yang tersedia, dengan mengamankan dan menyepakati beberapa prioritas dari banyak prioritas pembangunan. “Ini semua tidak terlepas dari kerjasama dua lembaga penyelenggara pemerintahan daerah yang dilandasi semangat kemitraan,” kata Wabup saat menyampaikan laporan akhirnya pada Sidang Paripurna di Gedung DPRD Sumbawa, Selasa (13/9).

Bagaimanapun dinamika yang berkembang dalam setiap tahapan pembahasan, lanjut Wabup, namun ketika keputusan diambil sesuai peraturan perundang-undangan semua berjiwa besar menerima keputusan tersebut. “Inilah sesungguhnya semangat yang sedang kita bangun dalam rangka mewujudkan pemerintah yang bersih, transparan dan akuntabel,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Wabup menyampaikan bahwa dalam beberapa bulan terakhir pada tahun anggaran ini, pihaknya telah menyelesaikan tugas-tugas pembangunan sebagaimana yang telah disepakati hari ini. Pihaknya juga disibukkan oleh beberapa agenda pemerintahan sebagai akibat mulai efektif berlakunya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana telah terjadi perubahan kewenangan pemerintahan daerah baik provinsi maupun kabupaten.

Baca Juga  Aksar Ansori: KPU Sumbawa Sangat Luar Biasa, Tapi Sayang…

Kemudian belum lama ini, telah disepakati Raperda tentang Perangkat Daerah, yang saat ini masih menunggu persetujuan Pemerintah Provinsi untuk ditetapkan menjadi Perda. Namun demikian, beberapa agenda yang perlu disiapkan kedepan sebagai tindaklanjut dari Perda (OPD) tersebut adalah penyusunan Perbup tentang struktur, tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat daerah (OPD). Selain itu, perlu juga disiapkan rancangan perubahan RPJMD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2016-2021 yang disesuaikan dengan struktur, tugas dan fungsi perangkat daerah yang baru. “Segala usul saran yang disampaikan baik melalui Fraksi DPRD dan laporan Komisi DPRD Sumbawa, akan tetap menjadi perhatian Pemda untuk bersama-sama kita tindaklanjuti,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD