Warga Dusun Leweng Segera Miliki Koperasi dan Bank Sampah

oleh -17 views

Kerjasama Mahasiswa KKL UNSA dan BPMLH

SUMBAWA BESAR, SR (12/09/2016)

Masyarakat Dusun Leweng Desa Mama Kecamatan Lopok, siap membentuk Koperasi Nelayan Air Tawar dan Bank Sampah di wilayah setempat. Hal tersebut mengemuka setelah mendapat pemahaman tentang tatacara pembentukan koperasi dan pengolahan sampah dari mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Angkatan XVIII kelompok VI Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar bekerjasama dengan Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPMLH) Kabupaten Sumbawa, Sabtu (10/9) kemarin.

Kepala Dusun Leweng, Norman menyatakan antusias warganya untuk membentuk Koperasi Nelayan Air Tawar dan pembentukan Bank Sampah. Keberadaan koperasi ini menurut Kadus ramah ini karena dusunnya sangat potensial bukan hanya sektor pertanian tapi juga perikanan terutama perikanan air tawar. “Perlu dibentuk koperasi nelayan sebagai wadah masyarakat untuk meningkatkan kemampuan ekonominya sehingga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat tersedia di koperasi baik kegiatan simpan pinjam maupun pengadaan peralatan tangkap nelayan,” bebernya.

Selain itu membentuk koperasi, melalui kelompok ibu-ibu rumah tangga masyarakat Dusun Leweng akan membentuk Bank Sampah untuk pengolahan sampah organik maupun non organik. Selama ini sampah dibuang begitu saja. Dengan pemahaman dan pembinaan pembinaan mahasiswa KKL UNSA bekerjasama dengan Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPMLH) ternyata sampah dapat diolah menjadi kompos serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat yang dikelola melalui Bank Sampah.

Baca Juga  Survey OMI Terbukti, Hitung Cepat IISBUD 2 Hari Lalu = Quick Count KPU Hari ini

leweng-sampah-2leweng-sampah-1Dosen Pembimbing Kelompok VI Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Samawa, Jhon Kenedi, M.Pd didampingi Ketua Kelompok VI, Ramli mengatakan, koperasi telah menjadi penggerak ekonomi kerakyatan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan anggota khususnya. Apalagi masyarakat Dusun Leweng saat ini sangat potensial untuk membentuk koperasi. Salah satu dasar pembentukan koperasi adalah selain anggota memahami tentang maksud dan tujuan pendirian koperasi juga minimal anggota memiliki kegiatan dan kepentingan yang sama. Dan di Dusun Leweng, masyarakatnya juga menjadi nelayan tangkap ikan air tawar.

Membentuk koperasi syaratnya sangat sederhana. Tinggal dipilih bentuknya apakah koperasi primer atau skunder. Jika koperasi primer minimal 20 orang anggota. Dilihat dari jumlah kepala keluarga mencapai 79 KK sudah melampaui dari syarat minimal dari ketentuan yang ditetapkan. “Apalagi saat ini pembentukan koperasi selaras dengan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa yaitu membentuk ‘kampung bebas rentenir,” kata Jhon—sapaan akrab Sekretaris Lembaga Penelitian Pengabdian UNSA ini.

Sementara Ketua Kelompok VI, Ramli, memberikan apresiasi kepada BPM-LH yang telah menjalin kerjasama dengan UNSA khususnya mahasiswa KKL guna melatih masyarakat Leweng mengolah sampah dan menfasilitasi pembentukkan bank sampah. “Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Leweng yang mendukung program kami bahkan dapat mengimplementasikan ilmu yang kami berikan dengan membentuk koperasi dan bank sampah,” ucapnya.

Baca Juga  Kuda Gubernur NTB dan Kuda Bupati Bima Raih Juara Umum

leweng-sampahKepala BPMLH Sumbawa diwakili Kasubid Pengawasan Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Hidup, Ihsan Imanuddin, ST mengatakan, bahwa pengolahan sampah merupakan kegiatan yang sistematis menyeluruh dan berkesinambungan meliputi pengurangan, menggunakan kembali dan penanganan sampah (reduce, reuse dan recycle). Karenanya salah satu solusi untuk mengolah sampah adalah membentuk bank sampah dengan tujuan membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah, mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah, dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat. “Jadi bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 3R (reduce, reuse dan recycle) di kalangan masyarakat,” demikian Ihsan—sapaan pejabat enerjik ini. (JN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.