Ini Lima Wilayah di NTB Langganan Kekeringan

oleh -18 views
Kepala BPBD NTB, H. Mohammad Rum MT

MATARAM, SR (10/09/2016)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB mengidentifikasi lima wilayah di NTB yang menjadi langganan kekeringan. Adalah Sumbawa, Bima, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur. Saat ini kekeringan mulai melanda menyusul terjadinya pergantian musim. Untuk mengantisipasinya, BPBD NTB akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mengundang seluruh kabupaten/kota, dalam waktu dekat ini. “Kami sudah bersurat ke pusat untuk menyiapkan anggaran melalui APBN dalam mengantisipasi kekeringan yang dianggap sebagai peristiwa yang bersifat darurat,” kata Kepala BPBD NTB, H. Mohammad Rum MT saat dikonfirmasi SAMAWAREA, Sabtu (10/9).

Selain itu pihaknya juga sudah bersurat ke BPBD di kabupaten/kota untuk menggelar rakor yang sama mengundang sejumlah SKPD terkait seperti Dinas Sosial dan BMKG guna memprediksikan prakiraan cuaca selama beberapa bulan kedepan. “Jika dalam rakor disimpulkan di daerah bersangkutan mengalami kekeringan, bupati/walikota wajib mengeluarkan SK (pemberitahuan). Tapi, kami belum mendapatkan SK tersebut, berarti di NTB masih belum dilanda kekeringan yang parah,” tambahnya lagi.

Meski demikian BPBD NTB tetap siaga dengan membentuk tim utusan yang disebarkan ke seluruh kabupaten/kota untuk melakukan pendataan dan pemantauan titik-titik kekeringan. Hasil pendataan ini akan dipertegas dalam Rakor di Mataram, 13 September mendatang. Selain itu, BPBD berkoordinasi dengan PDAM untuk selalu menyediakan air bersih yang dapat disuplay ke daerah yang mengalami kekeringan. Bukan hanya itu saja, BPBD juga berencana melakukan pengeboran atau pipanisasi di lokasi sumber air untuk didistribusikan ke lokasi kekeringan. (RIZ/SR)

idul-adha-demokratidul-adha-johan

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gubernur NTB: Kepala Daerah Bukan Penguasa dan Raja

No More Posts Available.

No more pages to load.