Karyawan Newmont Dukung Dana Apresiasi untuk KSB

oleh -9 views

SUMBAWA BARAT, SR (09/09/2016)

Harapan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebagai daerah penghasil untuk mendapatkan dana apresiasi dari PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) memperoleh banyak dukungan. Salah satunya dari kalangan karyawan perusahaan tambang asal Amerika tersebut.

Ketua PUK SPAT Samawa PTNNT, Yoesrawan mengatakan, sebagai kabupaten penghasil KSB patut memperoleh apresiasi dari PTNNT yang sebentar lagi meninggalkan proyek Batu Hijau. “Sama halnya dengan komitmen mereka kepada karyawan. Saya rasa hal yang lumrah juga bisa diberikan kepada KSB sebagai daerah penghasil,” katanya kepada SAMAWAREA, Kamis (8/9).

Menurut dia, Pemda sebagai representasi masyarakat KSB selama ini telah banyak memberikan konstribusi positif terhadap operasional PTNNT. Salah satu kontribusi terbaiknya adalah memberikan jaminan keamanan terhadap kelancaran produksi PTNNT selama bertahun-tahun di proyek Batu Hijau. “Jaminan keamanan itu sebagai manifestasi keseriusan dukungan Pemda kepada Newmont,” timpalnya.

Yoesrawan pun berjanji, agar harapan Pemda KSB ini dapat direalisasikan, pihaknya akan turut memberikan dukungan. Salah satunya akan bertemu langsung dengan manajemen guna menyampaikan dukungannya tersebut. “Saya kebetulan adalah putra daerah. Dan saya sudah sepatutnya turut memberikan dukungan terhadap harapan KSB itu,” cetus pria yang akrab disapa Galank ini.

Ketua SP KEP SPSI PTNNT, Zainuddin Wanden pun memberikan pendapat yang sama. Bagi dia, PTNNT layak memberikan apresiasi kepada Pemda KSB sebagai bentuk penghargaan yang selama ini turut mendukung penuh operasional PTNNT di Batu Hijau. “Kami kira tidak ada yang salah kalau Pemda meminta seperti itu (apresiasi). Kami pun mendukung hal itu,” katanya.

Baca Juga  Semarak Pesta Rakyat Simpedes BRI Sumbawa 2014

Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dan tanggung jawab, Zainuddin berkeyakinan, PTNNT menginginkan bekas lokasi kegiatannya meninggalkan kesan terbaik. Dan salah satu caranya tentu bisa dengan memberikan apresiasi kepada pemerintah setempat. “Keamanan investasi yang telah diberikan Pemda selama ini adalah sesuatu yang patut mendapat apresiasi dari perusahaan,” tandasnya.

Senada dengan Zainuddin, Ketua DPC SPN KSB, Benny Tanaya pun menyatakan kesepakatannya. Menurut dia, KSB sendiri selama ini mampu menunjukkan komitmennya dalam mengamankan setiap kebijakan pusat terkait operasional PTNNT di Batu Hijau. “Kabupaten kan perpanjangan tangan pusat. Jadi amannya kegiatan Newmont di sini adalah implementasi keseriusan kabupaten mengamankan setiap kebijakan pusat yang berdampak pada Newmont baik langsung maupun tidak,” katanya.

Sebelumnya bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengatakan, pemerintah tengah mengupayakan agar perusahaan tambang asal Amerika itu dapat memberikan sesuatu bagi KSB sebagai bentuk penghargaan sebagai kabupaten penghasil. “Saya kira wajar kalau kita juga berharap ada semacam apresiasi kepada daerah karena selama ini mereka telah mendapatkan keuntungan banyak dari usahanya di sini,” cetusnya.

Tak sekedar memikirkannya, bupati mengungkapkan, jika harapan masyarakat tersebut sebenarnya telah pemerintah sampaikan kepada manajemen PTNNT. Namun demikian ia mengakui, Pemda KSB tidak bisa terlalu banyak berharap apalagi menekan perusahaan agar manajemen memenuhi keinginan daerah. “Ini kan tidak diatur oleh undang-undang. Jadi namanya terima kasih, kita juga diberi apa dan dalam bentuk apapun, ya hanya bisa menerima juga,” tukasnya. (HEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.