FSLDK Gelar Seminar “Kututup Sebelum Terlambat”

oleh -37 views

MATARAM, SR (09/09/2016)

Memperingati Hari International Hijab Solidarity Day 2016, Forum Komunikasi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Nusa Tenggara Barat menggelar seminar motivasi yang diikuti oleh lebih dari 300 orang muslimah Kota Mataram dan sekitarnya. Seminar yang mengusung tema ‘Kututup Sebelum Terlambat’ tersebut dilangsungkan di Aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram, Jumat (9/9). Kegiatan yang dibuka secara resmi Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana ini menghadirkan Ustadz Mujahidin sebagai pemateri dalam seminar sehari tersebut.

Dikatakan Mohan dalam sambutannya, hijab selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan dalam banyak perspektif. Seperti halnya hijab yang bila dikaitkan dengan perspektif budaya, kerap menggiring opini bahwa hijab berasal dari kultur Arab yang diadopsi di Indonesia. Juga dari perspektif ekonomi yang karena kebutuhan muslimah, mode serta kreatifitas yang juga berkembang membawa dampak ekonomi. Bahkan dari perspektif sosial, hijab dianggap dapat mencerminkan status sosial seseorang dengan berbagai perbedaan model dan bentuknya, atau bisa juga dimaknai sebagai ekspresi perlawanan dari hegemoni nilai-nilai kapitalistik. “Yang terpenting, bahwa hijab adalah untuk menunjukkan identitas keislaman, menutup aurat, cermin keimanan dan sifat keikhsanan, dan menjaga harkat martabat wanita,” tuturnya.

Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana
Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana

Belakangan lanjut Mohan, mulai terjadi perusakan norma akibat terjadinya pergeseran nilai-nilai kehidupan yang berasal dari penetrasi teknologi informasi yang begitu deras. Karena itu menjadi penting untuk memiliki landasan keimanan yang kuat agar tidak mudah disusupi nilai-nilai yang kurang baik. Terlebih lagi diakuinya, manusia memiliki daya visual dan imajinasi yang luar biasa yang harus diikhtiarkan agar dapat terus terjaga dalam batas-batas yang telah ditetapkan dalam kehidupan beragama. “Bahagia sekali hari ini ada gagasan besar sebagai sebuah ikhtiar yang tidak putus dan bernilai dakwah yang memang harus dilakukan dengan berbagai cara. Semoga bisa menginspirasi,” ucapnya.

Baca Juga  Pawai Ta’aruf Tandai MTQ XXX Kabupaten Sumbawa

Seminar dalam rangka memperingati International Hijab Solidarity Day 2016 oleh FSLDK NTB tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar di Kota Mataram. Seminar yang mengandung nilai motivasi bagi para muslimah untuk menyempurnakan hijabnya ini ternyata mendapat sambutan cukup baik. Terbukti dari jumlah peserta yang ditargetkan 200 orang, ternyata melampaui bahkan hampir mencapai dua kali lipat dari target yang ditetapkan semula. (RIZ/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.