Bencana Kekeringan Bakal Melanda Sumbawa

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/09/2016)

Bencana kekeringan bakal melanda Kabupaten Sumbawa. Karena itu pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor membahas tentang bencana kekeringan di Kantor Bupati, Kamis (8/9). Di hadapan Asisten I Pemerintahan, perwakilan Polres dan Kodim Sumbawa serta sejumlah Kepala SKPD, Kepala BPBD Sumbawa, Ir Mukmin melaporkan bahwa hampir setiap tahun, Kabupaten Sumbawa dan daerah lainnya dilanda bencana kekeringan. Karena itu diminta untuk mempersiapkan diri sebagaimana Surat Edaran Mendagri No. 364/2493/SJ tentang kesiapan daerah dalam mengahadapi kebakaran hutan, dan Surat Gubernur NTB tentang kesiapan dalam menghadapi bencana kekeringan. ‘’Kabupaten Sumbawa memiliki cuaca yang cukup panas, makanya kami merumuskan untuk mengantisipasi terjadinya bencana fokusnya adalah kekeringan,’’ terangnya.

Data yang peroleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada beberapa kecamatan yang terindikasi mengalami kekeringan baik sedang maupun tinggi. Untuk indikasi sedang adalah Kecamatan Alas Barat, Utan, Batulanteh, Plampang, Tarano dan lainnya. Sedangkan kategori kekeringan tinggi yaitu Kecamatan Moyo Hilir, Lunyuk, dan Labangka. ‘’Dalam pertemuan ini kami sangat membutuhkan informasi dan data-data dari para camat dan juga kepala dinas. Untuk kemudian nantinya akan dibawa ke tingkat provinsi, dan dari provinsi dapat ditindaklanjuti ke pusat,’’ ujarnya.

Sementara Asisten Pemerintahan Sekda Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan M.Pd mengatakan rapat ini dapat menentukan sejauhmana persiapan dalam menanggulangi bencana kekeringan yang diperkirakan akan melanda Kabupaten Sumbawa pada Bulan Oktober. “Penanggulangan bencana ini menjadi sangat penting dilakukan karena melihat berbagai dampak kerugian yang akan dihadapi oleh daerah untuk meningkatkan efektifitas dan menurunkan indeks resiko tinggi terhadap terjadinya bencana alam,” imbuhnya.

Baca Juga  Tidak Hanya IKM, JPS Gemilang Eksiskan Kinerja Lembaga Perbankan

Meski Sumbawa tidak termasuk dalam kategori rawan bencana tingkat nasional, tetapi Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus tetap siap siaga dalam menghadapinya. Karenanya informasi dan data-data yang diperoleh diharapkan dapat merumuskan langkah-langkah dalam menghadapi bencana. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.