Bupati Bentuk Satgas Pemberantasan Ilegal Loging

oleh -4 views
Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK

SUMBAWA BESAR, SR (07/09/2016)

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Ilegal Logging. Satgas ini dibentuk karena aksi illegal logging di wilayah Kabupaten Sumbawa merajalela. Bupati mengaku sangat marah sebab pemerintah di kecamatan dan desa tak bergeming, sehingga para perampok kayu tersebut leluasa merusak hutan.

Adanya Satgas ini diakui Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/9) kemarin. Satgas ini akan melaksanakan tugas sebagai yang pernah dilakukan tim gabungan beberapa bulan lalu yang berhasil mengamankan ratusan kubik kayu dari sejumlah wilayah. Satgas ini terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Kejaksaan, pemerintah daerah dan instansi terkait.

Kapolres berharap Satgas ini lebih efektif dalam pemberantasan ilegal loging. Satgas ini bisa dipermanenkan tergantung situasi. Satgas akan melakukan operasi secara terus-menerus guna memberantas ilegal loging. “Satgas akan beroperasi sesuai arahan bupati. Dan dalam waktu akan turun ke lapangan untuk operasi, di samping kami dari kepolisian tetap melaksanakan tupoksi dalam penegakan hukum, termasuk menangani kasus illegal logging,” tandasnya.

Sebelumnya Bupati Sumbawa sangat murka. Selain kerusakan hutan kian parah, para begal kayu bebas beraksi tak terkendali bahkan aksinya terang-terangan. Bupati sangat kecewa karena merasa tidak ada pemerintahan di wilayah kecamatan dan desa. Dari catatan dan informasi yang diterima bupati, terdapat tujuh kecamatan dengan illegal logging terparah. Yakni Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Moyo Hulu, Lenangguar, Orong Telu, Tarano, Plampang dan Empang. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Residivis Kambuhan Dicokok di Dalam WC