Owner PTNNT Kuliah Umum di Respek Mahasiswa Baru UTS

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/09/2016)

Hari Pertama Respek Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) adalah hari yang istimewa. Sebab pada Senin (5/9) sore, universitas yang berada di kaki Bukit Olat Maras tersebut kedatangan sejumlah tamu penting yang tengah menjadi pembicaraan hangat setelah perusahaan Medco Group yang didirikannya sukses mengakuisisi seluruh saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Di antaranya Arifin Panigoro—konglomerat nasional. Pengusaha berkepala plontos tersebut memberikan kuliah umum tentang kewirausahaan kepada 812 mahasiswa baru UTS yang sebagiannya berasal dari seluruh propinsi di Indonesia. Hadir dalam kesempatan itu Pendiri UTS, Dr. H. Zulkieflimansyah SE M.Sc, Gubernur NTB TGH Dr. M Zainul Majdi MA, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, Bupati KSB Dr. Ir. HW. Musyafirin MM, dan Presdir PTNNT Rachmat Makasau, serta Rektor UTS, Dr. Andy Tirta

Dr. Arif Budi Witarto M.Eng
Dr. Arif Budi Witarto M.Eng

Mengawali pembukaan, Dr. Arif Budi Witarto M.Eng—Dosen Fakultas Bioteknologi, menceritakan awal berdirinya UTS, dari mulai hutan dan ladang penggembalaan pada Tahun 2012 lalu kini telah berdiri bangunan-bangunan megah. Demikian dengan sumberdaya yang ada, dosen dan mahasiswa terus berlomba mengukir prestasi dan yang paling prestisius adalah menjuarai kompetisi dunia “IGEM” di Boston, Amerika Serikat. Saat ini UTS tengah menyiapkan dan sedang membangun kawasan inovasi Sumbawa yang di dalamnya terdapat Science Techno Park (STP), SIKIM (Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah) dan KEM (Kawasan Ekonomi Mandiri). Selain itu sudah ada sedikitnya 5 perusahaan pemula berbasis teknologi. Yaitu CV Alzyme Nusa Biotech (teknologi protein untuk energy) yang merupakan solusi untuk menguras dan mengelola minyak di sumur tua. PT Alga Biodiesel Sumbawa (Bio-energi terbarukan)—memproduksi reactor biogas dari sampah organic untuk desa-desa. Produksi biodiesel dari mikroalga laut. PT Date Palm Biotech (perkebunan kurma tropis)—membuat pohon kurma berbuah dengan bioteknologi. PT Sumbawagen Nusa TenggaraBiotech dan PT Alat Pertanian Sumbawa Mandiri. “Bukti ini memberikan suatu gambaran bahwa tidak ada yang tidak mungkin “nothing is impossible” cetus Doktor Arif.

Baca Juga  Lahirkan Insinyur Hebat, Gubernur Zul Ikut Jejak Soekarno Jajaki Ceko
Gubernur NTB, M Zainul Majdi
Gubernur NTB, M Zainul Majdi

Hal senada juga diungkapkan Gubernur NTB, TGH Dr. M Zainul Majdi MA. Ia mengakui jika pertamakali diajak Doktor Zul (pendiri UTS) lokasi Olat Maras masih kosong melompong. Kini mimpi itu telah menjadi nyata. Olat Maras yang sebelumnya sangat asing kini telah menjadi tempat kebanggaan Sumbawa, NTB bahkan Indonesia. Karena itu Gubernur berpesan agar para mahasiswa belajar rajin dan tekun, menyerap ilmu yang diberikan dosen. Dengan ketulusan dalam menuntut ilmu, mahasiswa akan meraih keberkahan.

Doktor Zul dan Arifin Panigoro
Doktor Zul dan Arifin Panigoro

Pendiri UTS, Doktor Zulkieflimansyah, mengakui jika keberadaan UTS karena keprihatinan bahwa orang mengalami kemiskinan di tengah keberlimpahan. Newmont berada di sini namun untuk mendapat 1—2 gram emas, masyarakat harus menjadi TKW. Ke depan tidak ada lagi putra-putri khususnya Sumbawa yang menjadi office boy, Satpam, dan lainnya, tapi akan menjadi enginer dan pengusaha yang lahir dari perut kampus UTS ini. Untuk diketahui, keberadaan Arifin Panigoro di tengah mahasiswa merupakan penyemangat. Arifin memiliki perusahaan dari Aceh hingga Papua. Ke depan tidak mustahil yang mengelolanya nanti adalah alumni-alumni UTS. “Beliau (Arifin Panigoro) telah memberikan inspirasi. Karena masa depan ada di tangan kita,” ucapnya.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc

Sebelumnya Bupati Sumbawa, HM Husni Jibril B.Sc mengaku sangat bahagia dengan kedatangan Arifin Panigoro yang merupakan pengusaha suksesnya dan seniornya di PDIP. Demikian dengan kehadiran Gubernur NTB yang membawa semangat baru bagi masyarakat Sumbawa terutama mahasiswa UTS. Ia berharap dengan semangat ini, mahasiswa UTS nantinya akan menjadi orang yang berilmu dan beriman sehingga mimpi-mimpi Sumbawa akan terwujud. “Kami siap mengamankan Newmont untuk Sumbawa,” tandasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD