Komisi IX DPR RI Sidak RSUD Sumbawa

oleh -8 views

Temukan Berbagai Permasalahan

SUMBAWA BESAR, SR (04/09/2016)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dra. Hj. Ermalena MHS melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Sumbawa, Sabtu (3/9) sore kemarin. Saat sidak, politisi PPP ini didampingi Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si bersama dua anggotanya dari Fraksi PPP, Rusli Manawari dan Ismail SH, sertaSekretaris DPC PPP Sumbawa, Uzuluddin Sumbawanto SH. Kunjungan mendadak tersebut menemukan sejumlah permasalahan baik segi fisik, peralatan maupun Standard Operating Procedure (SOP).

Dicegat SAMAWAREA, Hj Ermalena mengatakan, fisik RSUD Sumbawa masih memerlukan perhatian, meski kondisi IGD nya yang sudah bagus. Banyak ruangan yang harus dibenahi, sempit dan tidak menarik. Dari informasi yang diterima dari anggota DPRD Sumbawa, bahwa lokasi RSUD setempat dinilai tidak representative dan sulit untuk pengembangan dari segi fisik. Untuk itu pemerintah daerah sudah merencanakan bahkan menganggarkan anggaran untuk relokasi ke tempat yang baru dengan lahan yang luas. Harapannya, RSUD di lokasi yang baru lebih bagus dari RSUD sekarang ini yang nantinya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan terhadap pasien.

Ermalena juga mengkritik tentang pelayanan Intensive Care Unit (ICU) yang dinilai belum maksimal. Harusnya pelaksanaan SOP di ruangan tersebut diperketat, mengingat ICU diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi khusus. “SOP ini sangat penting. Meski fisiknya belum bagus, kalau SOP nya bagus, rumah sakit ini akan menjadi contoh dan kebanggaan masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga  Sasar Pengepul Miras, Satpol PP Sita Belasan Botol Tuak

Ermalena memuji adanya dokter-dokter muda dalam melayani pasien di RSUD Sumbawa. Ia berharap keberadaan dokter muda ini bisa berinovasi untuk menjadi rumah sakit tersebut lebih bagus dari rumah sakit di daerah lain kendati dengan segala keterbatasan. Untuk membantu upaya pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa dalam memberikan pelayanan kesehatan, pihaknya akan membicarakannya dengan Menteri Kesehatan. Kebetulan di Sumbawa terdapat dua rumah sakit, salah satunya rumah sakit rujukan. Tentunya segala fasilitas kesehatan yang mendukung pelayanan harus dilengkapi agar masyarakat tidak lagi dirujuk ke Mataram. “Tidak bisa hanya dengan APBD, harus APBN. Kalau ada e-planingnya dari Pemda di sini, tinggal nanti di pusat kita dorong dan kawal,” ujar Hj Ermalena.

Hal senada dikatakan Pimpinan DPRD, Kamaluddin ST M.Si yang juga Ketua DPC PPP Sumbawa. Ia sepakat dengan kritikan Komisi IX DPR RI tersebut, agar RSUD harus memperhatikan SOP. Meski fisik tidak sempurna, SOP harus bagus. Sebab SOP itulah yang menentukan baik dan tidaknya pelayanan terhadap pasien. Kemudian soal fisik, Kamal—akrab politisi ramah ini mengaku mendesak untuk direlokasi. “Ini sudah menjadi program pemerintahan Husni—Mo, relokasi itu sudah pasti,” ujarnya.

Untuk mendukungnya, DPRD telah menganggarkan anggaran sekitar Rp 10 miliar. Selain itu calon lokasi sudah disiapkan, di antaranya lokasi Balai Benih Sering. Dipilihnya lokasi ini karena aksesnya sangat mudah, terjangkau dan dekat dengan fasilitas umum. Hanya rencana ini mungkin belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, menyusul adanya kebijakan pemerintah pusat yang melakukan pemangkasan anggaran yang cukup besar. “Yang jelas relokasi pasti terlaksana,” imbuhnya.

Baca Juga  Aneh, Konfirmasi Direktur RSUD, Oknum Dewan Marah dan Lecehkan Wartawan

Sementara dr. Bintang Dimanjaya dan dr. Ahmad yang menyambut Anggota DPR RI itu menilai positif masukan dari wakil rakyat tersebut. Misalnya ICU, pihaknya membutuhkan sesuatu yang steril dengan SOP yang lebih bagus. Karena tadi memang sempat dilihat bahwa seperti tidak ada celah antara ruangan di luar dengan di dalam ICU, sehingga ke depan harus dibenahi. Mengenai alat-alat medis, Dokter Jaga Bangsal ini mengaku sudah cukup bagus. Demikian dengan pelayanan sudah cukup maksimal. “Titik berat dari Anggota DPR RI itu hanya SOP yang harus diperbaiki,” ujarnya. (JEN/SR/ADV)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.