25 PAUD dan PNF Divisitasi Akreditas Tim Asesor Diknas

oleh -1 views
Kasi Dikmas Dinas Diknas Sumbawa, Irhamuddin, S.Pd, M.Pd

SUMBAWA BESAR, SR (03/09/2016)

Standar lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) akan terus ditingkatkan, salah satunya dengan melakukan akreditasi. Belum lama ini, Pemerintah Provinsi NTB telah membentuk Badan Akreditasi Provinsi (BAP) PAUD dan PNF, untuk periode 2016-2021 yang dilanjutkan dengan melantik Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi PAUD dan PNS Kabupaten Sumbawa.

Kasi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Irhamuddin, S.Pd, M.Pd, mengatakan, Badan Akreditasi Nasional (BAN) PNF, dalam melaksanakan akreditasi dibantu BAP PAUD dan PNF NTB, termasuk Pokja PAUD PNF kab/kota, untuk merencanakan, mempersiapkan serta melaksanakan akreditasi di lembaga PAUD dan PNF. Lembaga PNF adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus Latihan (LKP) maupun satuan pendidikan non formal lainnya. Untuk

Kabupaten Sumbawa instrument (borang) akreditasi PAUD dan PNF sudah diusulkan ke BAP. Sedikitnya 25 lembaga yang diusulkan untuk diakreditasi terdiri dari 23 PAUD formal dan non formal (TK, PAUD dan RA), plus PKBM Kemang Menir Kecamatan Moyo Hulu dan LKP Handayani.

Untuk melaksanakan tugas visitasi lembaga yang akan diakreditasi, sudah ada tiga asesor yang di-SK-kan Ketua BAN PNF. Tiga assessor tersebut adalah Kasi PAUD Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa Muhlis, S.Pd, Kasi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Irhamuddin, S.Pd, M.Pd dan Kepala UPT SD/PAUD Kecamatan Lunyuk, Burhanuddin, S.Pd, M.Pd. “Kami sudah melayangkan surat kepada Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB untuk melakukan pembinaan dan narasumber yang didanai oleh BP PAUD dan Dikmas NTB. Pembinaan ini untuk mempercepat akreditas PAUD dan PNF di Kabupaten Sumbawa. Untuk usulan berkas akreditasi ini, kita sudah usulkan 5 lembaga sebagai pendamping,” ujar Irhamuddin, seraya menambahkan, alurnya, instrument yang yang sudah dimasukan akan divalidasi tim assessor masing-masing bidang keahlian dilanjutkan dengan visitasi oleh tim assessor.

Baca Juga  Survey OMI Terbukti, Hitung Cepat IISBUD 2 Hari Lalu = Quick Count KPU Hari ini

Akreditasi ini bertujuan untuk melihat standarisasi pelayanan perkembangan lembaga Pendidikan Non Formal. Akreditasi ini juga untuk memacu program dan satuan PNF agar memiliki rencana strategis, visi/misi serta mendorong lembaga selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaganya secara terencana dan kompetitif dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD