LPPM UNSA Jadikan Labuhan Bajo Pilot Project Penerapan IPTEK

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/09/2016)

Sebagai salah satu program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar pada Tahun 2016 ini adalah membentuk desa binaan. Bertempat di Desa Bajo Kecamatan Utan, Rabu (31/8) lalu LPPM UNSA melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kepala Desa Labuhan Bajo. Penandantanganan kerjasama dimaksud dalam lingkup kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Ketua LPPM UNSA, Ieke Wulan Ayu, S.TP, M.Si menyebutkan Desa Labuhan Bajo salah satu desa binaannya. Karena itu perlu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan masyarakat dan pemerintah desa. Kerjasama ini dilakukan sebagai wadah Universitas Samawa (UNSA) memberikan pengabdiannya kepada masyarakat sekitar. Ke depan ungkap Dosen Fakultas Pertanian ini, Desa Labuhan Bajo akan menjadi pilot project dalam penerapan penemuan dan pengembangan Iptek, sehingga dapat memperkuat dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi bagi kalangan akademisi. Di samping itu penandatanganan kerjasama tersebut untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada berbagai sektor sehingga dapat menjadi masyarakat mandiri.

Ketua Bidang Pengabdian LPPM, Dedi Syafikri, S.Kel, M.Si menambahkan, Universitas Samawa sebagai lembaga pendidikan tinggi selain melakukan kegiatan pendidikan memiliki kewajiban untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Membangun kemitraan dengan semua pihak merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan guna mendharmakan diri. Untuk diketahui Desa Labuhan Bajo akan dijadikan desa model bidang pengembangan perikanan karena sangat potensial baik pada pengelolaan budidaya ikan, mutiara maupunsalah satu desa penghasil garam di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Minta Hujan, Pemkab Sumbawa Gelar Sholat Istisqo

Sementara Kepala Desa Labuhan Bajo, Telana, A.M menyambut baik penandatanganan kerjasama ini. Melalui kemitraan tersebut UNSA dapat melakukan pendampingan terhadap masyarakatnya sehingga salah satu potensi yang  dimiliki Bajo yakni di bidang kemaritiman dapat dikelola dengan baik yang akhirnya mampu memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakatnya. (LPPM UNSA)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.