DPKH NTB Bentuk Tim Pemeriksaan Hewan Qurban

oleh
PLT Kepala Disnakkeswan NTB, Erwin Kusbianto M.Si

Jelang Hari Raya Idul Adha 

MATARAM, SR (02/09/2016)

Hanura

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membentuk Tim Pemeriksaan Khusus (Riksus) kesehatan hewan, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban. Tim ini nantinya akan menyambangi sejumlah titik penjualan dan pemotongan hewan qurban termasuk di setiap masjid. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan memastikan hewan qurban terhindar dari penyakit dan aman dikonsumsi.

PLT Kepala Disnakkeswan NTB, Erwin Kusbianto M.Si yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/9) mengaatakan jumlah titik pemeriksaan hewan qurban oada tahun ini akan bertambah. Sebelumnya Tahun 2015 lalu, terdapat 1.064 titik di NTB dan ditemukan 19 kasus hewan  berpenyakit yakni penyakit hati dan tidak berbahaya setelah daging yang terjangkit dipilah. Ada tiga tahap pemeriksaan yang dilakukan yaitu tempat penjualan, tempat pemotongan dan pemeriksaan pasca pemotongan.

Baca Juga  Puluhan Ribu Pekerja Migran Pulang ke Tanah Air, 4.200 Asal NTB

Lebih jauh dikatakan Erwin, NTB termasuk daerah aman karena tidak mendatangkan hewan qurban dari luar daerah. Pemerintah hanya mendatangkan bibit kambing dari luar daerah setelah dilakukan seleksi yang ketat. Untuk diketahui, ketersediaan hewan qurban di NTB pada tahun 2016 dirasakan cukup. Sebab populasi ternak di NTB mencapai lebih dari 1,5 juta ekor. Dari jumlah ini NTB mengirim 60.000 ekor keluar daerah. Sedangkan kebutuhan hewan qurban di NTB hanya 15 ribu ekor sapi dan 6.500 ekor kambing. (RIZ/SR)

Dikes PTSJR Nasdem Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *