Tiga Instruksi Bupati Sumbawa untuk Kasus Pilkades Lito

oleh -19 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/08/2016)

Bupati Sumbawa mengeluarkan tiga instruksi untuk menyelesaikan sengketa penyelenggaran pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu. Instruksi itu disampaikan Asisten I Pemerintahan, Dr. H. Muhammad Ikhsan M.Pd saat menerima perwakilan massa dari Koalisi Masyarakat Pro Demokrasi Jujur dan Adil yang menggelar aksi demo di kantor Bupati, Selasa (30/8) siang tadi.

Demo LitoDalam instruksi tersebut, Bupati memerintahkan leading sector terkait untuk mengambil langkah-langkah strategis dan bersinergi dalam memfasilitasi serta menindaklanjuti penyelesaian sengketa penyelenggaran Pilkades di Kabupaten Sumbawa secara berjenjang. Tentunya didasarkan pada mekanisme atau prosedur penyelesaian sengketa dan tidak menyimpang dari aturan yang ada. Bupati menegaskan kepada pihak yang bersengketa dan atau kepada pihak yang ikut bersengketa dalam penyelenggaraan Pilkades agar mengikuti dan mentaati mekanisme dan aturan yang berlaku. Instruksi lainnya, meminta instansi terkait untuk berkoordinasi dengan aparat penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan dan pengadilan sebagai upaya tindaklanjut dari adanya rekomendasi Panwas Pilkades melalui proses hukum. “Intidari instruksi bupati ini bahwa semua yang terkait dengan Pilkades mematuhi aturan yang berlaku, dan ujung dari penyelesaian masalah ini ada pada Panwas melalui rekomendasinya untuk ditindaklanjuti oleh aparat hukum,” kata Doktor Ikhsan—sapaan akrab Asisten I.

Ditambahkan Kabag Hukum, I Ketut Sumadiartha SH bahwa Pemda tidak memiliki kewenangan untuk menyatakan ada dan tidaknya pelanggaran pada Pilkades Desa Lito. Yang paling berwenang mengujinya adalah lembaga peradilan. “Semua harus diuji baik dari aspek perdata maupun aspek pidananya,” tandasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Setelah Gulung Boladil, Polisi Sikat Sabung Ayam

No More Posts Available.

No more pages to load.