Mahasiswa UTS Wujudkan Desa Batu Tering Menuju Desa Wisata

oleh -47 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/08/2016)

Mahasiswa KKN Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus melakukan inovasi. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan perekonomian dengan membangkitkan kreatifitas masyarakat. Seperti yang dilakukannya di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu. Kali ini mahasiswa KKN UTS menggelar kegiatan “Pencanangan Desa Batu Tering Menuju Persiapan Desa Wisata” dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata. Kegiatan ini hasil kerjasama Tim KKN Kelompok 9 dengan pemerintah desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Acara yang baru pertamakali digelar inipun disambut hangat oleh masyarakat. Tak hanya itu, Bupati Sumbawa yang diwakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar), H. Amri S.Sos, M.Si hadir di tengah-tengah kegiatan. ‘’Saya canangkan Desa Batu Tering ini menuju Persiapan Desa Wisata,” tegas Kadis dalam sambutannya di depan seluruh masyarakat Desa Batu Tering.

Batu Tering Wisata 1Ia mengemukakan bahwa Desa Batu Tering merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumbawa yang memiliki sumber daya alam (SDA) luar biasa dan dikenal luas karena potensi-potensinya. Selain itu, Desa Batu Tering juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam antara lain Liang Bukal, Liang Petang, dan Sarkofagus. Haji Amri berpesan kepada masyarakat agar potensi wisata yang dimiliki, dijaga dengan baik. Karena menurutnya ada tiga factor utama yang harus dimiliki Desa Wisata yaitu kebersihan, kenyamanan dan keamanan. ‘’Promosi juga harus digencarkan, agar wisata Desa Batu Tering bisa seperti desa-desa wisata yang ada di Pulau Jawa,” pintanya.

Baca Juga  Pildacil Sumbawa Lahirkan Da’i dan Da’iyah Terbaik

Promosi terhadap berbagai potensi wisata yang dimiliki Desa Batu Tering dinilai penting untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu yang terpenting bagi para wisatawan adalah souvenir oleh-oleh khas masyarakat desa seperti kerajinan tangan, kain tenun, dan jajanan atau makanan khas Desa Batu Tering. Something to buy ini merupakan factor penunjang yang harus dimiliki oleh sebuah desa wisata dan tentunya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat serta menambah pendapatan desa.

Pencanangan Desa Wisata Batu Tering ini juga diisi dengan peninjauan wisata alam Liang Bukal dan penanaman padi bersama anak-anak sekolah dasar sebagai bentuk variasi wisata edukasi yang ditawarkan kepada para wisatawan nantinya.  Hadir dalam kesempatan itu di antaranya Kadis Koperindag, Camat Moyo Hulu, dan Anggota DPRD Sumbawa, (*)

bankntb DPRD DPRD