Tak Punya E-KTP, Masyarakat Tak Dilayani Pemerintah

oleh -10 views

SUMBAWA BARAT,  SR (29/08/2016)

Mulai 30 September 2016 mendatang, masyarakat yang masih mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) manual, tidak akan dilayani dalam urusan birokrasi atau yang berkaitan dengan pelayan publik. Pasalnya pemerintah di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hanya melayani masyarakat yang sudah memiliki atau mengalihkan KTP manual ke KTP Elektronik (E-KTP).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumbawa Barat, Drs Alwi MM kepada SAMAWAREA, Senin (29/8). Karenanya Ia menghimbau masyarakat segera mengurus E-KTP. Pemerintah katanya hanya memberikan bantuan atau melayani masyarakat yang identitasnya jelas. Dan masyarakat yang beridentitas jelas adalah masyarakat yang memiliki E-KTP.

Untuk di KSB, sebanyak 7.891 masyarakat yang belum membuat E-KTP. Ini terjadi karena banyak factor di antaranya banyak yang keluar negeri tanpa pemberitahuan, sudah tua (udzur) sehingga enggan mengurus KTP, dan ada juga yang kurang sadar akan pentingnya identitas. Untuk menuntaskannya pihaknya akan terus mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat bahkan akan melakukan system jemput bola dengan mendatangi setiap desa yang masyarakatnya belum memiliki E-KTP. “Sekarang ini petugas kami di lapangan yaitu di Desa Rarak Runges yang merupakan desa terjauh dan tersulit,” ungkapnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Industri Kehutanan Segera Terwujud, Kado Setahun Pemerintahan ZulRohmi

No More Posts Available.

No more pages to load.