Hari Terakhir Opgab PETI Marente, Aktivitas Penambangan Terhenti

oleh -5 views
Danramil Alas, I Wayan Sulandre pimpin Opgab penertiban PETI (Foto: FB Muhammad Agus)

SUMBAWA BESAR, SR (27/08/2016)

Hari keempat yang merupakan hari terakhir Tim Gabungan (Timgab) kembali mendatangi lokasi Penambangan Tanpa Ijin (PETI) di Pegunungan Juran Alas dan Marente Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, Jum’at (26/8). Sepanjang pemantauan media ini hampir seluruh aktifitas penambangan sudah mulai terhenti. Puluhan personil TNI dan Polri bersenjata lengkap menyisir seluruh titik lokasi penambangan dan membongkar tenda-tenda yang masih ditemukan di lokasi tambang. Tidak terlihat adanya aksi protes maupun perlawanan dari pelaku tambang itu sendiri sehingga proses penertiban berjalan aman dan lancar. Dalam operasi penertiban ini, Timgab dibagi menjadi dua regu. Regu pertama bergerak keatas pegunungan guna menertibkan lokasi penambangan atau lubang, sedangkan regu kedua bergerak di bawah pegunungan menertibkan alat-alat pengolah batu (gelondong).

Opgab PETI Alas (foto: FB Muhammad Agus)
Opgab PETI Alas (foto: FB Muhammad Agus)

Operasi PETI 2

Danramil Alas, I Wayan Sulandra selaku Ketua II Timgab mengatakan bahwa hari terakhir kegiatan operasi ini harus dipastikan tidak ada lagi kegiatan di lokasi penambangan dan selanjutkanya akan tetap dilakukan pemantauan. “Memang kami tidak bisa pastikan pasca operasi penertiban ini aktivitas tambang akan terhenti. Tapi kami tetap melakukan pemantauan dan terus memberikan pemahaman kepada para penambang untuk tidak lagi melakukan aktivitasnya,” katanya.

Dalam operasi ini, lanjut Danramil, tim hanya bekerja sesuai perintah bupati yaitu menertibkan lokasi penambangan selama 4 hari dan hasilnya akan disampaikan kepada bupati untuk dilakukan evaluasi. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Curi Motor untuk Judi Online, Pemuda Pengangguran Ditangkap