Program Inovasi Kementerian Dikbud Diperkenalkan di KSB

oleh -5 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUDPORA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (26/08/2016)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Pemerintah Australia menggelar Roadshow  program inovasi (inovasi untuk anak sekolah Indonesia) di enam Kabupaten di NTB salah satunya di Sumbawa Barat sebagai tindak lanjut dari peluncuran program kementerian tersebut di Mataram, bulan lalu.  Program inovasi merupakan program pendidikan yang fokus pada peningkatan mutu pembelajaran siswa pada jenjang pendidikan dasar. “Program ini melibatkan guru, orang tua siswa, kepala sekolah, dan pemerintah,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Supriyatno.

Di tempat yang sama Dr Amri Rahman menambahkan bahwa yang paling utama dalam model pengembangan ini adalah keikhlasan semua pihak dalam peningkatan mutu pembelajaran. Tanpa keikhlasn guru tersebut akan monoton sesuai kurikulum, tidak akan ada pengembangan dan inovasi. “Padahal kita tahu setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda sehingga kita tidak bisa mengandalkan kurikulum sepenuhnya, harus ada inovasi di dalamnya,” ujarnya.

Dikbud KSB 2Dikbud KSB 1Banyak hal yang bisa mempengaruhi pengembangan inovasi ini,  bisa karena faktor politik, dan internal pengurus sekolah yang kurang koordinasi sehingga kerap terjadi gesekan. Bisa juga karena pengetahuan guru yang masih minim. Inilah yang akan dikaji. “Sesuatu yang terlahir dari hati pasti akan menimbulkan hal yang indah dan luar biasa,” ucapnya.

Baca Juga  Penetapan Sertifikasi Guru Sesuai Urutan Prioritas

Sementara itu PLT Sekretaris AKU, Nurrahmadin menyampaikan bahwa kualifikasinya hampir tuntas. Untuk SMA tenaga pengajarnya 100% sarjana, dan SMK 99%, sedangkan SD hampir tuntas. Kondisi ini sangat memungkinkan untuk tenaga pengajar berinovasi, namun yang menjadi persoalan adalah minim kemauan. Hal ini dibuktikan dari tingkat partisipasi tenaga pendidik yang ikut lomba guru inovatif yang ikut hanya segelintir orang. “Melalui program inovasi ini kita bisa lebih memacu semangat keiklasannya dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pengajar,” demikian Nurrahmadin. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.