Sumbawa Siap Jadi Lokasi Puncak Sail Indonesia 2017

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/08/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyambut hangat kehadiran Tim Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melakukan survey lokasi yang akan dijadikan tempat puncak kegiatan Sail Indonesia. Dengan menggunakan tajuk Sail Moyo—Tambora, Pemda mengharapkan Sumbawa dipilih menjadi tempat cocok untuk event berkelas dunia tersebut. “Kami berharap banyak Sumbawa menjadi locus puncak Sail Indonesia 2017 mendatang,” kata Kepala Bappeda Sumbawa, Ir Iskandar D M.Ec.Dev kepada SAMAWAREA, saat mendampingi tim pusat, Rabu (24/8) kemarin.

Sebenarnya diakui Ande—akrab pejabat ini disapa, pembahasan mengenai lokasi ini sudah dibahas sejak Tahun 2011. Hanya baru kali ini mendapat respon pusat yang cukup baik dengan menurunkan tim melakukan survey lokasi. Ada beberapa lokasi yang disurvey di antaranya Limung dan Saliperate. Hasil survey, Saliperate memenuhi criteria sebagai lokasi pelaksanaan puncak Sail Indonesia tersebut. Lokasi ini sangat dekat dengan dermaga Labuan Badas yang bersertifikasi, juga dekat dengan akses ke Teluk Saleh yang dikenal sebagai Aquarium Dunia dan Pulau Moyo yang merupakan wisata dunia.

Jika Saliperate telah diputuskan untuk ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini, Pemda akan melakukan pembenahan. Mulai dari Jembatan Polak (Jempol), Saliperate hingga Goa Tanjung Pengamas, akan disambung. Untuk Jempol—Saliperate sudah mulai dibenahi dengan adanya jalan penghubung dua lokasi wisata itu. Tinggal dilanjutkan ke Pantai Goa Tanjung Pengamas. Selain itu beberapa fasilitas dan penataan lokasi akan dilakukan dan menjadi bersama antara pemerintah daerah Sumbawa dengan Pemprov NTB. Pada prinsipnya Pemda Sumbawa siap jika dipercaya menjadi lokasi puncak pelaksanaan Sail Indonesia 2017. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kabupaten Sumbawa Ditargetkan Jadi Daerah Penghasil Cukai Tembakau