PT Corbi Resmi Berinvestasi di KSB, Bangun Pembangkit Listrik 11 MW

oleh -135 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA SUMBAWA BARAT MELALUI BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL

SUMBAWA BARAT, SR (24/8/2016)

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak akan kekurangan listrik. Pasalnya PT Corbi Corporation yang bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga surya resmi berinvestasi di Bumi Pariri Lema Bariri ini. Bertempat di Ruang Sidang I Gedung Graha Fitrah, Bupati KSB dan perwakilan perusahaan asal Korea Selatan tesebut resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembangunan pembangkit listrik 11 Mega Watt (MW), Selasa (23/8) kemarin.

Dalam kesempatan itu Bupati KSB, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM mengatakan kerjasama ini merupakan awal yang dibangun dengan penuh kesungguhan. Untuk itu Ia berharap upaya ini berproses dengan sungguh-sungguh. Menurut Bupati, dengan adanya pembangkit listrik tersebut akan mampu mendukung peningkatan industri pariwisata yang aman dan ramah lingkungan di KSB. “Kami menyampaikan apresiasi kepada PT Corbi Corporation yang memilih KSB sebagai daerah satu-satunya di Indonesia tempat pembangunan pembangkit listrik dengan kekuatan 11 MW. Karena itu kami akan bersungguh-sungguh menindaklanjuti apa yang tertuang di dalam MoU termasuk menyiapkan lahan seluas 20 Hektar untuk pembangkit listrik 11 MW yang lokasinya berada di Kecamatan Poto Tano,” kata Doktor Musyafirin—akrab Bupati disapa.

Pemda KSB juga akan menyiapkan lahan 100 hektar untuk kebutuhan pembangunan pembangkit listrik 50 MW di masa mendatang. “Insya Allah kami akan siapkan lahan salah satunya seluas 60 hektar di Tanjung Balad, sisanya tergantung pelaksanaan di Poto Tano apakah sukses atau tidak. Kalau progressnya bagus, why not,” ucapnya.

Baca Juga  Ketua IKASUM Kaltim Bagi Kesuksesan dengan Mahasiswa UNSA

Investasi KSBSementara itu Kepala BMPPT Sumbawa Barat, Hajamudin menyatakan bahwa PT Corbi Corporation sudah menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di KSB. Sejauh ini perusahaan tersebut sudah tiga kali datang ke KSB memperkenalkan perusahaannya hingga sekarang penandatanganan MoU. Terkait system kerjasamanya, salah satu kewajiban pemda adalah menyiapkan lahan yang nantinya akan disewa per tahun oleh pihak investor.

Tim Corbi Consultant di Indonesia, Calvin Odi Staviolus Ariadi menambahkan selain memberikan konstribusi untuk daerah, perusahaannya memiliki tanggung jawab social kepada masyarakat sekitar dengan menggelontorkan program CSR (Coorporate Social Responsibility). Salah satunya membangun balai pelatihan untuk keahlian computer dan lainnya tergantung keinginan atau kebutuhan masyarakat setempat. Mengenai tenaga kerja, PT Corbi yang akan berinvestasi minimal selama 20 tahun ini telah berkomitmen untuk merekrut dan mengoptimalkan masyarakat lokal. Karenanya menjadi kewajiban PT Corbi untuk menguatkan kapasitas dan skill masyarakat dengan menggelar pelatihan-pelatihan.

Disinggung nilai investasi, Calvin menyatakan untuk tahap awal sekitar 20 juta dollar untuk 11 MW dan murni modal saham asing. Namun demikian perusahaan juga siap menawarkan golden share kepada pemerintah daerah ketika investasi perusahaan maju dan lancar. “Rencana kerja kami untuk September 2016 ini, membuat study kelayakan sebagaimana persyaratan dari ESDM, untuk memulai kegiatan pada awal Tahun 2017 mendatang,” demikian Calvin. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.