Abdul Aziz Resmi Dilantik Menjadi Sekda KSB

oleh -30 views
Bupati didampingi Wakil Bupati KSB melantik Sekda KSB, Abdul Azis

SUMBAWA BARAT, SR (24/08/2016)

Teka-teki siapa Sekda Sumbawa Barat, terjawab sudah. Bupati Sumbawa Barat telah memilih satu dari tiga nama yang diusulkan Panitia Seleksi (Pansel). Adalah Abdul Aziz SH MH. Bertempat di Gedung Graha Fitrah, Asisten I Tata Praja yang selama ini menjabat sebagai PLT Sekda KSB tersebut, resmi dilantik, Rabu (24/8) pagi tadi.

Abdul Aziz dilantik setelah Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM mengeluarkan surat keputusan No. 56/821:/BKDIKLAT/2016 tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Sebelumnya dilakukan seleksi secara terbuka oleh Panitia Seleksi yang dibentuk dengan keputusan Bupati Sumbawa Barat No. 027/821/BKDILAT/2016, yang diubah menjadi Keputusan Bupati No. 042.1/821.29/BKDIKLAT/2016. Dalam pengangkatan Sekda ini telah dikoordinasikan dengan Gubernur NTB dan mendapatkan persetujuan, dengan beberapa pertimbangan sehingga Abdul Aziz memenuhi syarat diangkat sebagai Sekda KSB, demikian diungkapkan Kepala BKD KSB, Abdul Malik saat membaca surat keputusan di acara pelantikan Sekda. Pada pelantikan itu Abdul Aziz sempat grogi saat diambil sumpahnya. Ia sering salah dalam penyebutan kata sumpah sehingga Bupati Sumbawa Barat terpaksa mengulangi dua kali sumpah untuk Abdul Aziz.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM menyatakan bahwa pelantikan Sekda harus sekali dalam periode pemerintahannya, meski dapat dilakukan lebih dari satu kali. Hal ini mengingat jabatan Sekda merupakan jabatan administrasi yang sangat penting dan selalu dibutuhkan setiap saat.

Baca Juga  Tiga Pesan Presiden Jokowi kepada TNI

Bupati juga menjelaskan, pengangkatan Abdul Aziz ini terlahir dari banyak pertimbangan. Secara pribadi, siapapun yang diusulkan oleh Tim Pansel akan diterimanya. Sebab di dalam Pansel terdiri dari orang-orang besar dan ternama seperti Kyai Zul, Rektor UNSA, Inspektorat Provinsi, dan guru besar UNRAM. Dari pertimbangan mereka yang kemudian dikoordinasikan dengan Gubernur, sehingga muncul nama Abdul Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Tata Praja. Bupati menyebutkan, Abdul Azis memiliki banyak pengalaman dalam birokrasi mulai dari Sekcam, Camat, Kadis, hingga Asisten 1 Tata Praja yang merangkap PLT Sekda lebih dari setahun menjadi pertimbangan dan alasan memiliki Abdul Aziz.

Ia berharap dengan pengalaman yang banyak ini dapat dijadikan modal bagi Sekda yang baru untuk membangun sumber daya aparatur di KSB. Tugas ke depan sangat banyak dan berat. Dan semua keputusan yang diambil hari ini akan menentukan masa depan rakyat dan daerah ini nantinya. Karenanya harus terus berikhtiar untuk mengambil keputusan yang terbaik setiap harinya, meski dalam setiap keputusan tidak selalu benar. Tapi sebaik-baiknya manusia adalah yang mau memperbaiki kesalahan sekarang untuk kemajuan masa depan. “Ambil yang baik buang yang buruk dan ciptakan yang baru,” imbuhnya.

Bupati juga berharap Sekda terpilih harus lebih memperhatikan hubungan garis koordinasinya agar tidak ada yang merasa tinggi ditinggi-tinggikan dan yang rendah direndahkan. “Semua kita sama rata dan sama rasa karena kita hanya pelayan masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga  A3 Perangkat Daerah Dievaluasi Gubernur

Sementara itu Ketua DPRD KSB, M Nasir ST mengaku sangat percaya dengan pilihan yang diambil bupati. “Itulah yang terbaik untuk KSB. Apalagi yang terpilih sudah biasa berkoordinasi dengan kami sehingga tidak perlu lagi membangun dari awal, tapi tinggal melanjutkan saja,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb