Timgab Penertiban PETI Dihadang Ratusan Penambang

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/08/2016)

Upaya Tim Gabungan (Timgab) yang diterjunkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa untuk menertibkan aktivitas penambangan tanpa izin (PETI) di Kecamatan Alas, dihadang ratusan penambang di Kantor Camat setempat, Selasa (23/8) pagi tadi. Penghadangan melalui aksi demo ini digelar dengan cara memblokir jalan menuju Desa Juran Alas dan Marente. Bahkan mereka mendesak mundur personil timgab yang terdiri dari TNI, Polri, Polhut dan Pol PP.

Di halaman kantor camat, ratusan massa menyampaikan aspirasi meminta pemerintah tidak represif dan tidak menghentikan kegiatan penambangan. Menurut mereka, aktivitas tambang itu merupakan satu-satunya sumber penghasilan masyarakat setempat. Mereka juga meminta agar aparat TNI dan Polri bersenjata lengkap segera meninggalkan wilayah Alas karena kehadirannya membuat masyarakat resah.

PETI Tambang 2PETI TambangKapolsek Alas, Komisaris Polisi (Kompol) M Jafar di hadapan massa mengingatkan agar mereka menyampaikan aspirasi sesuai ketentuan dalam undang-undang dan tidak melakukan tindakan anarkis. Di tempat yang sama Kadis Pertambangan Sumbawa, Ir H Sirajuddin mengatakan kehadiran Timgab tidak bermaksud menakuti maupun menangkap serta menyita barang milik pelaku PETI. Kehadiran Timgab ini untuk melaksanakan perintah Bupati guna menertibkan lokasi tambang selama empat hari kedepan sekaligus melakukan sosialisasi para penambang segera mengurus surat ijin selaku pelaku tambang rakyat.

Pantauan SAMAWAREA, aksi demo itu berlangsung cukup lama dari pukul 08.00 hingga 13.00 Wita, tanpa ada kesepakatan kedua belah pihak. Hingga massa membubarkan diri tidak ada satupun yang dapat memberikan informasi siapa yang menjadi koordinator atau memobilisasi massa. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Pemasok Narkoba di Kalangan Pelajar Diringkus Polisi

No More Posts Available.

No more pages to load.