Home / Politik / 20 Kades Terpilih Dilantik Oktober
Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPM-PD Sumbawa, Ismail S.Sos

20 Kades Terpilih Dilantik Oktober

SUMBAWA BESAR, SR (23/08/2016)

20 kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak di Kabupaten Sumbawa belum lama ini, akan dilantik Oktober 2016 mendatang. Hal ini sesuai dengan jadwal yang direncanakan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa. Namun demikian, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPM-PD Sumbawa, Ismail S.Sos yang ditemui kemarin, mengaku belum mengetahui secara pasti kapan tanggal pelantikan.

Untuk persiapannya, pihaknya tengah memproses penerbitan SK Kades terpilih yang diperkirakan membutuhkan waktu paling lama 30 hari. Sejauh ini sudah ada 17 desa sudah mengusulkan SK pengesahan kades terpilih. Hanya tinggal tiga desa yang belum mengajukan yaitu Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano, Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat dan Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas. Bahan usulannya masih di BPD dan berharap segera diajukan agar bisa dilantik secara bersamaan. Mengenai mekanisme pelantikan termasuk tempatnya akan dibicarakan lebih lanjut, apakah dipusatkan di Kantor Bupati atau kantor kecamatan masing-masing.

Secara umum ungkap Ismail, Pilkades serentak di 20 desa yang tersebar di 13 kecamatan berjalan lancar. Ia tidak menampik adanya keberatan terhadap calon terpilih karena ada pihak yang mengindikasikan kecurangan seperti di Desa Ledang Kecamatan Lenangguar. Hal itu sudah dapat difasilitasi dan hasilnya sudah tidak dipermasalahkan lagi oleh masyarakat. Sesuai Perbup No. 12 tentang pedoman pelaksanaan Pilkades, dijelaskan ketika terjadi indikasi kecurangan harus dilaporkan ke Panwas Pilkades. Jika tidak selesai di tingkat Panwas, Panwas dapat merekomendasikan sengketa Pilkades ini melalui jalur hukum. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

KPU Sumbawa Bentuk PPDP untuk Pemuktahiran Data Pemilih

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/7/2020) Salah satu tahapan penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *