Kantongi Izin, Kapal Cepat Penghubung KSB, Lotim dan Lobar Segera Beroperasi

oleh -14 views

Lalar—Labuan Haji–Senggigi

SUMBAWA BARAT, SR (21/08/2016)

Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM—Fud Syaifuddin ST, terus melakukan berbagai upaya dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah bermotto “pariri lema bariri” tersebut. Meski baru beberapa bulan dilantik, upaya itu membuahkan hasil. Bantuan pusat mulai berdatangan, dan berbagai persoalan daerah perlahan tapi pasti mulai tertangani. Seperti Lebo Taliwang, Bupati dan Wakil Bupati KSB langsung menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hasilnya Normalisasi Rawa Lebo Danau Taliwang dijadikan prioritas Kementerian setempat, dengan memerintahkan langsung Direktur yang menangani tentang SDA untuk turun melihat kondisi Rawa Lebo untuk bisa dianggarkan melalui APBN 2017. Kemudian infrastruktur jalan negara dari Bertong ke arah Kertasari tembus jalan Tano. Dan tebing pengamanan sungai serta pembangunan talud kota di Kabupaten Sumbawa Barat untuk mengatasi banjir yang rutin setiap tahun. Menteri PUPR menyatakan kesediaannya untuk terjun langsung melihat proses pembangunan infrastruktur di KSB terutama progres Bendungan Bintang Bano. Tak berhenti sampai di situ, duet Firin—Fud ini juga mendatangi Kementerian Perhubungan RI dan diterima Direktur Perhubungan Laut dalam rangka mengoperasikan Dermaga Labuhan Lalar. Selain itu dermaga tersebut harus mampu menjadi penghubung dengan daerah-daerah lain. Dua pimpinan pilihan rakyat tersebut menyadari bahwa konektivitas dengan daerah lain seperti Bali dan Lombok sangat menentukan pesatnya pembangunan di KSB.

Baca Juga  Komunitas Ruang Sandi Jakarta Siap Promosikan Pariwisata NTB

Karenanya Firin—Fud berupaya untuk mewujudkan tol laut yang menghubungkan KSB dengan Lombok Timur dan Lombok Barat. “Alhamdulillah tol laut yang akan menghubungkan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sumbawa Barat melalui Pelabuhan Labu Lalar, Kabupaten Lombok Timur melalui Labuhan Haji dan Kabupaten Lombok Barat dengan Pelabuhan Senggigi tahun ini akan terlaksana,” kata Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST yang ditemui SAMAWAREA, kemarin.

Bupati dan Wakil Bupati KSB saat diterima Direktur Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI
Bupati dan Wakil Bupati KSB saat diterima Direktur Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI

Hal itu dibuktikan dengan adanya surat keputusan persetujuan permintaan dari CV Datu Seran Expres oleh tiga kabupaten. Pemerintah KSB mengeluarkan surat keputusan dengan No. 552/004/Dishubkominfo/2016, perihal Rekomendasi Trayek Kapal Cepat MV Datu Seran Express. Kabupaten Lombok Timur Unit Penyelenggara Pelabuhan Labuhan Haji dengan No. 5523/72/UPP/VI/2016 tentang memberikan ijin untuk menyandarkan. Dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat juga mengeluarkan surat bernomor, 0452/02/2016, prihal memberi ijin untuk menyandar.

Saat ini Kapal Cepat MV. Datu Seran Express berada di Batam. Untuk tiba di KSB, Pemda Sumbawa Barat tengah mempersiapkan administrasi operasionalnya sekaligus menunggu tuntasnya pembangunan tempat sandaran kapal tersebut. Mengenai tarif yang dikenakan untuk pengguna jasa transportasi laut tersebut, Fud—sapaan singkat pejabat inovatif ini, mengaku belum dibahas. Yang jelas upaya pemerintah untuk menghadirkan kapal cepat yang menghubungkan antara Pelabuhan Labuhan lalar-Pelabuhan Labuhan Haji dan Pelabuhan Senggigi untuk mempermudah masyarakat khususnya KSB dalam bidang penyediaan transportasi.

Upaya Bupati dan Wakil Bupati KSB mendapat dukungan dari para netizen. Banyak yang berharap konektivitas tersebut cepat terealisasi. Ada juga yang berharap agar bukan hanya konektivitas melalui jalur laut, tapi juga udara dengan beroperasinya bandara Sekongkang. Seperti yang dikatakan Zahrani Zahrani menanggapi status Fud Syaifuddin (Wakil Bupati) “Alhamdulillah sukses selalu Pak Wabup tinggal satu harapan lagi yang sangat kami harapkan Bandara Sekongkang semoga terealisasi ya robb amin3x”. Demikian dengan Zul Antama: mudah-mudahan cepat terealisasi kapal cepatnya biar lebih mudah akses transportasi kita, itu semua berkat kerja cepat dan kerja tepat dari bupati dan wakil bupati KSB.” Tak sedikit juga netizen yang mendoakan: “Luar biasa..super sekali pak. Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan umur yang panjang untuk bapak agar dapat berkarya dan membuat terobosan besar dalam memudahkan masyarakat. Maju terus KSB!!” ucap Deddy Zulkarnaen. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.