Mutasi Tetap Digelar Meski OPD Belum Terbentuk

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/08/2016)

Keinginan pemerintahan HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah untuk mendapatkan kabinet baru dalam mendukung visi misinya, sepertinya tidak terhalang oleh apapun dan siapapun. Belum terbentuknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bukan menjadi hambatan dalam menggelar mutasi pada Bulan Agustus ini.

Seperti diketahui, Kabupaten Sumbawa adalah salah satu daerah yang Organisasi Perangkat Daerahnya belum terbentuk. Untuk pembentukan OPD ini harus mengacu pada Permendagri yang hingga kini diturunkan. Kendati demikian belum terbentuknya OPD tidak akan mempengaruhi pelaksanaan mutasi.

Ditemui SAMAWAREA usai upacara HUT RI, Rabu (17/8), Bupati HM Husni Djibril B.Sc mengakui jika OPD sedang dibahas dan pihaknya masih menunggu turunnya Permendagri pada 19 Agustus mendatang. Ketika Permendagri ini belum diterima, Bupati mengaku masih bisa menggunakan cara lain untuk melakukan mutasi tanpa harus menunggu Permendagri yang mengatur tentang OPD. “Bisa dilakukan mutasi sesuai peraturan daerah berdasarkan peraturan pemerintah. Apabila Permendagri sudah turun, tinggal dilakukan penyesuaian. Bisa jadi mutasi dilakukan lebih dari satu kali, yaitu sebelum dan sesudah terbentuknya OPD,” katanya.

Langkah ini ungkap Bupati, tidak melanggar undang-undang. Ia mencontohkan ketika dalam waktu tiga bulan pasca mutasi, ASN bersangkutan tidak mampu di bidang yang ditempatkan, sehingga bisa dirubah. Sebab, Ia ingin orang yang mengisi organisasi perangkat daerah ini adalah orang-orang yang tepat di tempat yang benar.

Baca Juga  Mendagri Lantik Hamdani Penjabat Gubernur Bali

Disinggung mengenai kepastian waktu mutasi, Haji Husni—akrab Bupati disapa, masih merahasiakannya. Namun yang pasti mutasi tetap dilakukan. Dan mengenai kapan, sejak 17 Agustus dan seterusnya, pihaknya sudah diperkenankan untuk melakukan mutasi. Namun, mutasi yang akan dilakukan ini tentu ingin menyenangkan semua pihak. Karenanya Ia meminta agar diberikan kesempatan untuk menentukan waktu yang tepat. Untuk merumuskan hal ini tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu satu atau dua hari, tapi juga juga tidak akan memakan waktu hingga satu atau dua bulan. “Mulai besok (Kamis) kami sudah mulai pembicaraan yang sangat serius untuk menentukan siapa-siapa yang akan mengisi jabatan yang tepat dan di instansi yang tepat pula,” pungkasnya. (JEN/SR)HUT RI Sumbawa

bankntb DPRD DPRD