Diiniasi Mahasiswa UTS, Petani dan IRT Gelar Upacara HUT RI

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/08/2016)

Upacara bendera tidak hanya untuk kalangan pelajar dan pemerintah. Petani dan ibu rumah tangga (IRT) pun tak mau ketinggalan. Diinisiasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), petani dan ibu-ibu di Desa Mokong, Kecamatan Moyo Hulu, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71. Ikut bergabung dalam upacara itu guru, bidan, pelajar SD hingga SMA, ibu PKK dan kelompok volly. Suasana berlangsung khidmat dan para peserta terlihat sangat antusias, mengingat ini adalah pengalaman pertama dalam hidupnya terutama yang dirasakan para petani dan ibu rumah tangga.

Upacara yang digelar di Lapangan Desa Mokong, tersebut, bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, di samping mengenang para pejuang kemerdekaan yang sebagian besar adalah rakyat kecil seperti petani yang telah mengorbankan jiwa dan raganya. Tujuan lain dari upacara bendera ini adalah untuk mempersatukan kembali semangat kekeluargaan dan kebersamaan paska pemilihan kepala desa beberapa hari yang lalu.Upacara KKN UTS Mokong 1

Upacara KKN UTS Mokong 2Hal menarik lainnya dari penyelanggaraan upacara ini, seluruh peserta mengenakan pakaian dan atribut sesuai dengan profesi masing-masing. Ada yang mengenakan seragam bidan, begitu pula guru, ibu PKK, murid SD, SMP, SMA dan tim sepak bola. Namun, pakaian kelompok petani yang menarik perhatian. Bagaimana tidak, lengkap dengan caping dan parang yang dililitkan di pinggang. Mereka terlihat sangat antusias dan maksimal menyambut hari kemerdekaan tersebut.

Baca Juga  SMK Al-Kahfi Kelola Air Minum Berkualitas Bantuan BPPT 

Rasa nasionalisme yang tinggi juga ditunjukan petani dengan menunda pergi ke sawah sebagaimana hari biasa. Mereka meluangkan waktu mengikuti serangkaian upacara bendera. “Saya tunda pergi ke sawah, untuk ikut upacara dulu, habis itu baru pergi. Saya senang bisa ikut upacara karena ini pertamakalinya menggunakan atribut sesuai pekerjaan seperti ini,” tutur Hadijah salah seorang anggota kelompok tani.

Upacara KKN UTS Mokong 4Sementara Ketua Program KKN Desa Mokong, Arief Ardiansyah menjelaskan alasan konsep menggunakan pakaian dan atribut sesuai profesi pada pelaksanaan upacara. Menurutnya, upacara bendera ini ingin dilaksanakan secara sederhana dan merujuk pada tema besar peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71 yaitu “kerja nyata”. Melalui kerja nyata masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan bekerja secara profesional dan bersungguh-sungguh sesuai dengan profesi yang digeluti. (Arief/SR)

 

bankntb DPRD DPRD