Situasi Pasca Pilkades Aman dan Terkendali

oleh -4 views

Desa Lito dan Lenangguar Diwarnai Protes

SUMBAWA BESAR, SR (14/08/2016)

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK menyatakan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 20 desa di Kabupaten Sumbawa, berlangsung aman, tertib dan terkendali. Mulai pemungutan suara, hingga rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat TPS maupun desa, berlangsung kondusif, meski masih ada kelompok masyarakat dari dua desa yang mengajukan keberatan atas hasil Pilkades. Kedua desa tersebut adalah Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu dan Desa Lenangguar Kecamatan Lenangguar. Mereka menilai terjadi kecurangan dalam proses Pilkades. Terhadap keberatan itu, pihaknya mempersilahkan untuk disampaikan sesuai aturan yang ada dan tidak diperkenankan untuk bertindak anarkis apalagi membawa massa melakukan tindakan yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan. “Silakan laporkan ke Panwas, biarlah Panwas yang bekerja untuk melihat ada atau tidaknya kecurangan,” kata Kapolres yang dihubungi SAMAWAREA, Minggu (14/8).

Sejauh ini tidak ada gerakan atau tindakan yang mengarah pada kerawanan keamanan. Kendati demikian antisipasi tetap dilakukan dengan menstandby-kan personil di masing-masing Polsek. “Kita lihat sampai besok. Jika ada indikasi langsung diantisipasi bila perlu ada tambahan personil dari Brimob,” tandasnya. Sedangkan sejumlah desa lainnya sudah menerima hasil Pilkades dan masyarakat menyambutnya dengan sukacita karena lahirnya pemimpin pilihan rakyat. Personil sudah ditarik, namun masih tetap dimonitor.

Seperti diketahui, Desa Lito diikuti oleh dua calon. Perolehan suara sangat ketat dan menegangkan. Melalui proses rekapitulasi yang akurat, Maswarang unggul dengan perolehan 687 suara selisih 16 suara dari saingannya, Irwandi HS yang meraih 671 suara. Kemudian Desa Lenangguar ada 5 calon yang bersaing untuk merebut simpatik warga terutama 2.217 pemilih yang tercatat di dalam DPT (daftar pemilih tetap). Hasil rekapitulasi Asraruddin S.Pd unggul dari empat calon lainnya dengan raihan 376 suara. Perolehan suara calon bernomor urut empat ini terpaut dua suara dari saingan terberatnya A Latief AW yang meraih 374 suara. Mengekor di belakang, Abdul Haris 353 suara, Syahruddin SP 314 suara dan Imam Syaputra Jaya, A.Md 237 suara.

Baca Juga  Real Count PKS-Demokrat : Zul-Rohmi Unggul di Atas 3 Persen
Kapolres Sumbawa ke Desa Tepal Batu Lanteh
Kapolres Sumbawa ke Desa Tepal Batu Lanteh

Kapolres Muhammad di Tepal 1

 

Kapolres AKBP Muhammad turun langsung memantau proses Pilkades khususnya di Desa Tepal Kecamatan Batu Lanteh. Mengingat daerah itu terisolir, Kapolres menggunakan trail menyusuri medan terjal dan jalan yang rusak. Di sana Kapolres sempat bercengkrama dengan warga, bahkan didaulat untuk memberikan siraman rohani di masjid setempat.

Pada Tahun 2016 ini, terdapat 20 desa yang tersebar di 13 kecamatan menggelar Pilkades. Yaitu Desa Labuan Mapin (Alas Barat), Desa Pukat dan Bale Brang (Utan), Desa Sebotok (Badas), Desa Pelat (Unter Iwis), Brang Rea, Mokong dan Lito (Moyo Hulu), Desa Kukin (Moyo Utara), Desa Serading, Kakiang, Olat Rawa dan Batu Bangka (Moyo Hilir), Desa Tepal (Batu Lanteh), Desa Pungkit (Lopok), Desa Ledang dan Lenangguar (Lenangguar), Desa Simu (Maronge), Desa Lamenta (Empang) dan Desa Labuan Jambu (Tarano). (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD