Prodi TEP FKIP UNSA Latih Kepala Sekolah dan Guru SLBN

oleh -28 views

Pembuatan Media Pembelajaran yang Efektif dan Efisien

SUMBAWA BESAR, SR (10/08/2016)

Sejumlah kepala sekolah dan guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Sumbawa dan SLBN Alas mengikuti Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multimedia. Program yang dikhususkan untuk Sekolah Luar Biasa Negeri ini digelar Program Studi Teknologi Pendidikan (TEP) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA), Rabu (10/8).

Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan, Irma Suryani, M.Pd mengatakan, kegiatan pelatihan ini adalah bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi melalui pelaksanaan penelitian Iptek Bagi Masyarakat (IBM). Dana dari kegiatan ini berasal dari hibah Dikti yang dimenangkan Dosen Teknologi Pendidikan diketuai Desak Nyoman Darmayanti, M.Kom, beranggotakan Drs. I Gusti Sulindra, M.Pd, dan Drs. I Made Sentaya, M.Pd. “Ada 16 peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru SLBN yang mengikuti kegiatan ini,” kata Irma—akrab Ia disapa.

Pelatihan ini merupakan pelatihan awal yang dilakukan oleh tim penelitian IbM Hibah Dikti. Materi yang diberikan seputar pemilihan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan memiliki daya tarik.

Pemateri pada pelatihan ini ungkap Irma, didatangkan oleh tim peneliti IbM dari Sekolah Luar Biasa Pembina Provinsi NTB yakni Abbas, M.Pd yang merupakan kepala sekolah yang berkompeten di bidangnya. Sedangkan pelatihan pembuatan media pembelajaran dilaksakan langsung oleh tim pemenang dana hibah yang dipimpin Desak Nyoman Darmayanti, M.Kom. Erma berharap melalui kegiatan ini para kepala sekolah dan guru SLBN dapat menghasilkan produk media pembelajaran. “Kegiatan ini akan terus berlanjut. Untuk pelatihan tahap kedua, ketiga dan keempat akan dilaksanakan pada Bulan September mendatang,” ujarnya.

Baca Juga  Mitigasi Food Loss and Waste (FLW) dengan Model Rantai Pasok Cerdas Berkelanjutan

Sementara itu Kepala SLBN Sumbawa, Atika HA, S.Pd sekaligus peserta pelatihan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada FKIP UNSA, khususnya Program Studi Teknologi Pendidikan karena memiliki perhatian terutama bagi kelangsungan pembelajaran anak berkebutuhan khusus. “Kami ingin kegiatan ini terus berlanjut mengingat tenaga kependidikan di SLBN Kabupaten Sumbawa ini masih kurang, di samping meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan yang ada,” demikian Atika. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.