Ayo Sukseskan Pilkades di Sumbawa

oleh -18 views
Kepala BPM PD Sumbawa, Tarunawan S.Sos

SUMBAWA BESAR, SR (08/08/2016)

Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa tinggal menghitung hari. Sejauh ini kondisi berjalan aman dan lancar. Tidak ada hambatan atau permasalahan yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan. “Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada persoalan. Kami berharap situasi seperti ini dapat berjalan hingga pelantikan kepala desa terpilih nantinya,” kata Kepala BPMPD Kabupaten Sumbawa, Tarunawan S.Sos kepada SAMAWAREA, kemarin.

Mengenai persiapan Tarunawan mengaku sudah dilakukan jauh sebelumnya baik dari sisi aturan maupun dananya. Untuk dana pemerintah daerah memberikan suntikan dana Pilkades masing-masing desa sebesar Rp 20 juta. Sedangkan dari sisi aturan, para calon dan panitia sudah memahaminya sehingga tidak ada permasalahan yang berat dalam rangka menyukseskan Pilkades.

Disebutkannya, ada empat desa yang bakal calon kadesnya melebihi dari 5 orang. Menurut Perbup harus dilakukan seleksi lanjutan untuk menghasilkan maksimal 5 calon. Untuk menjamin obyektifitas, Tarunawan mengaku pihaknya tidak terlibat dalam tim seleksi. Dalam hal ini tim seleksi bekerjasama dengan pihak ketiga yang berkompeten dan independen. Karena salah satu tesnya adalah potensi akademik dan psikologi, tim bekerjasama dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumbawa yang memiliki alat ukur psikologi. Seleksi ini sudah dilaksanakan di lantai III Kantor Bupati Sumbawa dan telah ada hasilnya. “Semua bakal calon yang diseleksi bukan tidak lulus, tapi yang diambil adalah 5 terbaik berdasarkan peringkat. Jadi, seleksi ini betul-betul murni dan sangat obyektif,” tandasnya.

Baca Juga  Amir Zaman Ranggabarani Dikukuhkan Sebagai Ketua Forum Anak Samawa

Namun demikian mantan Kadis Kehutanan ini menekankan kepada panitia 9 agar melaksanakan tugas secara professional, tidak memihak ke salah satu calon dan melaksanakan proses Pilkades sampai tuntas. Kemudian kepada calon Kades untuk mengikuti aturan dan tidak berlaku curang atau melakukan coba money politic. Selanjutnya kepada masyarakat, tidak mudah terbuai bujuk rayu, tidak terprovokasi terhadap hal-hal yang berbau fitnah dan menjadi provokator yang membuat suasana tidak kondusif. “Mari kita beramai-ramai datang ke TPS tanggal 13 Agustus, sukseskan Pilkades dan pilih pemimpin yang mimiliki kebaikan dari sisi moral dan kemampuan,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.