Potensi Laut Melimpah, Daya Tangkap Nelayan KSB Rendah

oleh -2 views
Kadis kelautan Perikanan dan Peternakan KSB Ir H Abbas

SUMBAWA BARAT, SR (06/08/2016)

Kabupaten Sumabwa Barat memiliki kekayaan laut yang melimpah. Sayangnya daya tangkap masyarakat terutama nelayan masih rendah. Pasalnya dalam menangkap ikan mereka masih menerapkan system sangat tradisional yakni menggunakan pancing dan perahu sehingga hasilnya kurang maksimal. “Kita memiliki kekayan alam yang melimpah seperti ikan tuna di sekitar laut selatan, diperkirakan sampai 3000 ton pertahun. Kalau hanya menggunakan pancing dan perahu kita tidak bisa berharap masyarakat nelayan yang menggunakan pola itu  mampu mendapatkan hasil yang maksimal,” jelas Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Ir H Abbas.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, menurut Haji Abbas-akrab Kadis disapa, nelayan harus mengarungi laut lepas selama berbulan-bulan menggunakan armada kuat dan besar. Ketika ada armada ini, mereka justru tidak memiliki kemampuan untuk mengelolanya.

Terbukti dari bantuan stimulus dari pemerintah pada tahun sebelumnya yang memberikan armada besar dan kuat kepada para nelayan setempat. Tapi mereka tidak bisa memaksimalkan pengoperasiannya karena terbatasnya kemampuan financial dan belum memiliki keberanian mengadu nasib dengan biaya besar berlayar ke laut lepas. Salah satu solusi ungkap Haji Abbas, dengan mengundang investor di bidang penangkapan ikan untuk menggandeng masyarakat sehingga memiliki pengalaman dan gambaran prospek dalam mengelola kekayaan laut. “Namun sampai sekarang belum ada perusahaan yang tertarik untuk berinvestasi di perairan KSB,” ujarnya. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Cegah PHK Naker Lokal, Wabup Datangi Trakindo Pusat