Tingkatkan Pemahaman Petani, Digelar Lomba Asah Terampil

oleh -2 views

SUMBAWA BARAT, SR (03/08/2016)

Sedikitnya 8 kelompok mengikuti Lomba Asah Terampil tingkat Kabupaten Sumbawa Barat. Sejumlah kelompok tani yang masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang ini merupakan duta dari masing-masing kecamatan. Kegiatan yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Peyuluhan Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (BKP5K) ini dibuka secara resmi Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, Selasa (2/8).

Dalam laporannya, Kepala BKP5K Sumbawa Barat, Ir. Mansyur Sufyan, MM mengatakan, lomba ini digelar sebagai proses seleksi tingkat kabupaten. Bagi kelompok yang terbaik akan mewakili kabupaten ke tingkat propinsi. Jika berhasil menjadi yang terbaik di tingkat provinsi akan mewakili NTB di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Aceh. Namun yang lebih utama, perlombaan ini digelar untuk memperkuat kemandirian kelompok dengan meningkatnya pemahaman di bidang pertanian.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, berharap ke depan jumlah peserta dalam perlombaan ini ditingkatkan salah satunya setiap kecamatan minimal mengutus tiga kelompok sehingga lebih banyak kelompok yang bersemangat dan memiliki pemahaman bi bidang pertanian.

Bang Fud–sapaan akrabnya juga meminta kepada pihak kecamatan untuk lebih memperhatikan petani. Demikian juga dengan penyuluh pertanian yang setiap kegiatan harus diback-up mengingat kiprahnya juga untuk petani dan kemajuan pertanian di sejumlah kecamatan. “Petani pasti ingin maju dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tapi banyak petani yang belum mengetahui jalannya sehingga kita sebagai pemerintah memberi pemahaman dan peluang yang sebesar-besarnya kepada petani agar bisa sejahtera dan tidak ada lagi orang miskin,” ucapnya.

Baca Juga  Hutan Tutupan Gunung Tambora Terbakar, Polisi Turun Tangan Padamkan Api

Di akhir sambutannya, Wabup merogoh kocek pribadinya sebesar Rp 2,5 juta yang akan diberikan kepada kelompok yang meraih juara I. Hal itu sebagai bentuk apresiasi dan pemicu semangat bagi kelompok tani untuk berbuat yang terbaik. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD