139 Kelompok KUBe 2015 Diberikan Pelatihan Keterampilan Berusaha

oleh -12 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/08/2016)

Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa memberikan pelatihan kepada 139 kelompok penerima bantuan KUBe Fakir Miskin Perdesaan Tahun 2015. Seratusan kelompok ini berasal dari tiga kecamatan yakni Lunyuk, Batu Lanteh dan Rhee. Pelatihan keterampilan berusaha tersebut dilaksanakan di Hotel Sutan melalui tiga angkatan mulai 1 Agustus hingga 9 Agustus mendatang. Angkatan pertama, 1—2 Agustus diikuti 51 orang terdiri dari 47 orang pengurus kelompok dari Kecamatan Lunyuk, dan 4 lainnya pendamping. Angkatan kedua, 3—4 Agustus diikuti oleh 46 pengurus dari Batu Lanteh dan Lunyuk serta 5 pendamping. Selanjutnya angkatan ketiga, 46 pengurus Kube dari Kecamatan Rhee dan sisanya Lunyuk serta 5 pendamping, dengan narasumber Kadis Sosial, Sekretaris Dinas Sosial dan Kabid Banjamsos.

Kabid Banjamsos Dinas Sosial Sumbawa, Syarifah S.Sos M.Si yang ditemui SAMAWAREA Selasa (2/8), mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat penerima bantuan dapat meningkatkan taraf hidup, merubah pola pikir dan memahami proses administrasi seperti pembukuan dan keuangan, serta dapat berinteraksi secara aktif dengan masyarakat lainnya. “Misalnya dalam berusaha menggunakan dana bantuan itu, kelompok harus bisa mencari peluang dengan membuka usaha yang diminati masyarakat serta lokasi usaha yang mudah dijangkau dan strategis, sehingga usahanya dapat berkembang dan mampu mensejahterakan anggota,” katanya.

KUBE Disos 1

Pengurus KUBe peserta pelatihan keterampilan berusaha.
Pengurus KUBe peserta pelatihan keterampilan berusaha.

Bantuan KUBe perdesaan ini diberikan kepada kelompok berbagai macam usaha dengan total dana mencapai Rp 2,6 miliyar. Di antaranya bakulan, perkiosan, pertamini, ernak kambing, gorengan, pupuk dan produksi minyak. Penerima KUBe terbesar pada Tahun 2015 kemarin adalah Kecamatan Lunyuk dengan 74 kelompok yang mengakomodir 740 KK penerima manfaat. “Masing-masing kelompok dapat 20 juta atau per anggota 2 juta rupiah,” sebutnya.

Baca Juga  Libatkan 320 Tenant, Target Belanja Lombok Sumbawa Great Sale 25 M

Di bagian lain, Ipok—sapaan akrab pejabat yang dikenal tegas ini, juga menginformasikan Sumbawa kembvali mendapat kucuran bantuan KUBe Perdesaan pada Tahun 2016 ini. Ada 103 kelompok dari empat kecamatan yang beruntung yakni Alas, Buer, Utan dan Moyo Hilir dengan jumlah KSM mencapai 1.031 KK. Anggarannya lebih besar dari tahun kemarin, yakni Rp 2,764 M. Untuk pelaksanaan KUBe 2016, lanjut Ipok, pihaknya sedang menyusun data di lapangan. Melalui Pendamping PKH, Disos melakukan verifikasi. Setelah itu menyusun proposal yang dilanjutkan pembukaan rekening.

Disinggung mengenai kriteria kecamatan yang dipilih sebagai penerima KUBe Perdesaan, Ipok menyatakan berdasarkan pertimbangan dari Bappenas. Kecamatan penerima itu merupakan daerah dengan data kemiskinan yang cukup tinggi. Dari data yang diberikan pusat ini, pihaknya turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi guna menentukan layak dan tidaknya menerima bantuan. Apapun itu, Ia berharap program tersebut mampu memutus mata rantai kemiskinan, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD