Cuaca Tak Menentukan Menguntungkan Petani KSB

oleh -4 views
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BKP5K) Sumbawa Barat, Mansyur Sofyan,

SUMBAWA BARAT, SR (29/07/2016)

Cuaca tidak menentu rupanya membawa keberuntugan bagi petani di Kabupaten Sumbawa Barat pada musim tanam kedua (MT II) ini. Bahkan luas tanam pun meningkat signifikan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (BKP5K) Sumbawa Barat, Mansyur Sofyan, kemarin, mengakui bahwa petani KSB sangat gembira dengan cuaca tak menentu tersebut. Pasalnya setiap minggunya pasti ada hujan sehingga lahan mereka terairi dan tanam bisa normal. Keuntungan lainnya, nilai jual gabah relatif tinggi karena padi yang siap panen tidak kelebihan kadar air. Selain itu petani juga lebih mudah menjemur padinya. “Ini yang dinamakan kemarau basah. Cuaca inilah yang dinantikan para petani,” kata Mansyur Sofyan kepada SAMAWAREA.

Kegembiraan itu bisa dilihat dari jumlah tanam petani yang mencapai 19.000 hektar (Ha) meningkat dari jumlah sebelumnya yang hanya 11.000 Ha. Dengan kondisi tersebut target pemerintah melalui progam Upsus sudah melampaui. “Memasuki Bulan Agustus masih ada petani yang sudah siap-siap menanam seperti di Brang Ene dan Brang Rea yang diperkirakan luas tanam mencapai 200 hektar sehingga kami optimis di tahun ini mendapat surplus lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” demikian Mansyur. (HEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Sumbawa Daerah Penyangga Garam Nasional