Wabup KSB Bertemu Menaker Bahas BLK Poto Tano

oleh -6 views

SUMBAWA BARAT, SR (28/07/2016)

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifudin ST bertolak ke Jakarta untuk memenuhi undangan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) guna membahas masalah Balai Latihan Kerja (BLK) Poto Tano yang sejak Tahun 2012 tidak bisa dimanfaatkan alias mangkrak.

Wabup menilai pertemuan dengan Menaker sangat penting untuk memperjelas status BLK agar segera dimanfaatkan daerah. “Saat ini kita dalam posisi dilematis terkait status BLK. Kita ingin menambah fasilitasnya agar bisa dimanfaatkan, tetapi masih milik pemerintah pusat. Sementara di satu sisi pemerintah pusat juga tidak kunjung mengalokasikan anggaran untuk menuntaskan pembangunannya dan bangunan yang ada malah mangkrak,” ujar Fud—akrab Wabup disapa sebelum bertolak ke Jakarta belum lama ini.

Wabup menaker HLWabup menaker 2Wabup menaker 3Pemerintah Daerah, ungkap Wabup, berkeinginan kuat untuk segera mengoperasikan BLK bagi pendidikan dan latihan dalam rangka peningkatan skill para pencari kerja di Sumbawa Barat. Karena itu, dalam pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja, Wabup berjanji akan meminta agar BLK tersebut dihibahkan ke pemerintah daerah.“Kalau sudah dihibahkan baru pemerintah daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk melengkapi fasilitasnya dan dioperasikan,” ucapnya.

BLK Poto Tano, sudah mangkrak sejak Tahun 2012. Pembangunannya terhenti karena adanya perubahan kebijakan pengalokasian anggaran di Kementerian Tenaga Kerja akibat pergantian Menteri. Anggaran pembangunan BLK itu dialokasikan melalui APBN Kementerian Tenaga Kerja Tahun 2012 untuk tahap awal dan anggaran pembangunan lanjutan direncanakan akan dialokasikan di APBN 2013. Tetapi karena terjadi resuffle kabinet, penganggaran tersebut batal dan tidak berlanjut hingga saat ini. Dalam pembangunannya, pemerintah daerah bertanggungjawab menyiapkan lahan seluas 5 hektar dan telah dihibahkan ke pemerintah pusat. “Jadi saat ini status tanah dan bangunan BLK milik pemerintah pusat. Karena itu kita akan minta dihibahkan kembali ke daerah agar bisa kita manfaatkan,” tambah Wabup.

Baca Juga  Kota Banda Aceh Belajar Pariwisata di NTB

Selain masalah BLK, dalam pertemuan dengan Menaker, Wabup menyatakan akan menyinggung masalah tenaga kerja, khususnya yang berkaitan dengan peralihan saham PT Newmont Nusa Tenggara dari Newmont dan Sumitomo ke PT Amman Mineral Internasional (AMMI). (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.